Minggu, 04 Mei 2014

Melatih Diri 04



­­­Tanya Jawab Seputar Melatih Diri  04

Pertanyaan :

Bagaimana caranya agar tidak mengalami kemunduran batin?

Master Chin Kung Menjawab :

Sejak jaman dulu hingga sekarang, dalam melatih diri jika maju-mundur terus, maka sulit untuk berhasil. Bagaimana caranya agar tidak mengalami kemunduran batin? Jika dikategorikan maka ada dua, yakni : “yang pertama adalah “pada masa kehidupan yang lampau menimbun akar kebajikan, berkah kebajikan, dan jalinan jodoh yang mendalam dan tebal”, orang seperti ini jika mempelajari pintu Dharma pelafalan Amituofo, pasti terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Yang kedua adalah “memahami dengan jelas ajaran sutra, yakin secara mendalam tanpa keraguan”, memahami apa yang disebut keinginan untuk memiliki dan takut kehilangan, juga dapat menjaga agar tidak mengalami kemunduran batin, dalam satu kehidupan ini pasti berhasil.

Jika sebaliknya kita selalu saja mundur, ini menunjukkan bahwa akar kebajikan, berkah kebajikan, jalinan jodoh yang tidak cukup mendalam dan tebal. Namun kita dapat terlahir sebagai manusia dan mendengar Dharma murni, memiliki jodoh mengenal Pintu Dharma Ajaran Sukhavati, dan yang paling sulit ditemukan adalah bisa mengenal Sutra Usia Tanpa Batas yang dihimpun oleh Upasaka Xia Lian-ju, jalinan jodoh ini sungguh luar biasa.

Bagaimana cara untuk menambal akar kebajikan dan berkah kebajikan masa lampau yang tidak mencukupi? Membaca sutra dan mendengar ceramah Dharma. Pelajar jaman dulu sering berkata : “Tiga hari tidak membaca buku karya insan suci dan bijak, maka tabiat pun bermunculan”,  ini berarti bahwa jika tiga hari tidak menerima ajaran orang suci dan bijak, maka kerisauan dan tabiat segera bermunculan, mengalami kemunduran batin.

Seorang praktisi jika tiga hari tidak membaca sutra, tidak mendengar ceramah Dharma, maka kekotoran batin dan tabiat pun segera bermunculan, maka itu dapat dilihat bahwa membaca sutra dan mendengar ceramah Dharma itu sangat penting. Tetapi saat kini anggota Sangha yang berceramah sudah semakin sedikit, ini juga merupakan salah satu motivasi mengapa kami berusaha mendidik lebih banyak para penceramah muda, agar mereka dapat melanjutkan karir Buddha, menyebarkan Dharma memberi manfaat kepada para makhluk.

Kini kami menggunakan kemajuan tehnologi untuk menyiarkan ceramah Dharma di internet, semua orang dapat menyaksikannya. Selain itu, setiap kali kami berceramah, akan direkam dalam DVD dan disebarluaskan. Para praktisi sekalian dapat mengulang mendengarnya, setelah banyak mendengarnya maka akan tercerahkan. Setelah tercerahkan maka takkan mundur lagi.

Ini adalah menggunakan cara mendengar ceramah Dharma untuk menambal akar kebajikan dan berkah kebajikan masa kelahiran lampau yang tidak mencukupi, membantu kita agar tidak mengalami kemunduran batin, tekun berusaha maju tanpa gentar; membantu kita melepaskan kemelekatan, melatih diri dengan terfokus dan menyebarkan Dharma juga dengan terfokus. Dengan sikap yang baik melatih diri, adalah dasar untuk memperoleh ketrampilan melatih diri. Dapat mempertahankan landasan ini, tiada henti menekunkan diri, maka ketrampilan melatih diri pasti akan maju terus.



問:請問道心如何保持不退轉?

答:自古至今,保持道心不退轉的,一生決定成就;道心進進退退的,就很難成就。如何才能保持不退?歸納起來不外乎兩種因素:第一是「過去生中修積的善根、福德、因緣深厚」,這種人若接觸念佛法門,決定往生作佛。第二是「對於教理透徹,深信不疑」,明瞭利害得失,也能不退道心,這一生也決定成就。我們常常退道心,這就說明我們的善根、福德、因緣不夠深厚。但是我們能得人身、聞正法,有機緣聽到淨土法門,更難得的是能遇到夏蓮居老居士的《無量壽經》會集本,此因緣也很殊勝。

如何彌補過去生中修積的善根、福德之不足?讀經、聽教。古代讀書人常說:「三天不讀聖賢書,面目全非」,這就是說三天不接受聖賢人教誨,煩惱習氣都起現行,這就退轉了。學佛者三天不讀經、不聽經,煩惱習氣決定起現行,可見讀經、聽經之重要。但現在講經法師太少了,這也是我們全心全力積極培訓年輕法師之目的所在,希望他們能續佛慧命,弘法利生。

  現在我們利用高科技,將講經傳播到網路上,大家都能看得到。此外,每堂講經都有光碟大量流通。大家有時間可以反覆聽,聽多了就會開悟。到真正覺悟,就不會退心了。這是用經教來彌補過去生中善根、福德之不足,幫助我們不退轉,勇猛精進;幫助我們放下萬緣,專修專弘。有良好的修學心態,是功夫得力之基礎。能夠保持這個基礎,不斷精進,功夫一定會向上提升。20-014-0323