Rabu, 01 Januari 2014

Tanya Jawab 34



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Ayahbunda telah berusia lebih dari 70 tahun, tidak yakin pada Buddha, jika menasehati mereka malah dimarahi, apa yang harus saya lakukan?


Master Chin Kung Menjawab :

Ayahbunda telah lanjut usia, anda harus memberikan sikap yang lebih baik dari sebelumnya, dengan demikian ayahbunda akan merasa heran karena sekarang anda berubah menjadi begitu berbakti, berbeda dengan sebelumnya. Maka anda menjawab bahwa ini yang anda pelajari dari Ajaran Buddha, dengan demikian barulah dapat menggugah mereka sehingga mereka memiliki kesan yang bagus terhadap Buddha Dharma, selanjutnya baru pelan-pelan mengajak mereka melafal Amituofo.

Jika sebaliknya yang anda lakukan malah membuat mereka tidak suka, maka saat anda mengajak mereka melafal Amituofo tentunya akan sulit. Demi berbakti pada ayahbunda, anda tidak perlu harus ke vihara, melafal Amituofo di rumah juga sama. Jika anda melafal Amituofo dengan bersuara tetapi ayahbunda tidak suka maka cukuplah melafal di hati, semuanya menuruti kehendak ayahbunda.  



問:父母七十多歲了,不信佛,勸他們反而被罵,請問我該怎麼做?


答:父母年歲大了,你一定要表現得比平常還要好,他就會覺得奇怪,你現在變得這麼孝順,跟過去不一樣。你說這是佛教我這麼做的,這樣才能感動他,讓他對佛法有好感,然後慢慢再勸他念佛。如果你所做的,他都不歡喜,你勸他念佛就非常困難。為了孝順父母,你可以不必到佛堂,在家裡念佛就好。如果出聲念佛,他不歡喜,你就默念,一切要順從父母。21-90-24