Jumat, 11 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 21



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 21

Pertanyaan :

Ada orang yang kebenciannya sangat berat, suka mengumbar amarah tanpa alasan yang jelas, yakni api kegelapan batin, apa sebabnya? Bagaimana cara untuk mengurainya?

Master Chin Kung Menjawab :

Kebenciannya berat berarti orang ini rintangan karma dan tabiatnya sangat berat, mudah timbul amarah, selalu melihat kekurangan orang lain, melihat masalah juga melihat kelemahannya, ini adalah rintangan karmanya. Tetapi bagi seorang praktisi sejati, orang ini adalah kalyanamitra-nya, mengapa demikian? Jika tidak ada orang sedemikian yang tiap hari datang cari masalah, tiap hari datang memarahimu, menghinamu, menindasmu, maka anda harus ke mana untuk melatih ksanti paramita (paramita kesabaran)?

Maka itu, bertemu dengan orang-orang seperti ini, kita menerimanya dengan ikhlas, beranjali dan memberi hormat pada mereka, menerima pelajaran ini, sepatah katapun takkan keluar memberi bantahan. Jika dia sudah selesai marah-marah, kita mengucapkan terimakasih padanya, Amituofo!

Setiap kali dia marah-marah, anda tetap bersikap sedemikian, lama kelamaan dia juga akan tercerahkan, dia akan tergugah. Tidak boleh saling memarahi, jika saling memarahi maka takkan ada habis-habisnya. Dia satu orang saja yang mengumbar kemarahan, setelah capek dia juga akan berhenti.

Dia marah-marah di sana, saya melafal Amituofo di sini, membiarkan dia marah sepuasnya, ini mengeliminasi rintangan karma diri sendiri. Dia membantuku mengeliminasi rintangan karma, seharusnya saya berterimakasih padanya, saya melafal Amituofo melimpahkan jasa kepadanya.

Jika sebaliknya orang lain memujimu, juga jangan merasa bersukacita, ini belum tentu benar adanya. Orang lain menjunjung tinggi dirimu, harus berpikir saya tidak memiliki kebajikan yang bisa dipuji orang lain, harus membangkitkan rasa malu.



問: 有些人瞋恨心很重,經常無來由的發火,即無明火,請問這是什麼原因?如何化解?

答:瞋恨心重,說明這個人的業障、習氣很重,很容易生瞋恚心,看人不順眼,看事也不順眼,這是他的業障。但是對真正修行人來說,他是善知識,為什麼?沒有這些人天天來找麻煩,天天來罵你、侮辱你、欺負你,你的忍辱波羅蜜到何處修?所以,遇到這些人,我們一切承受,合掌恭敬,接受教訓,一句話也不回。他說完了,謝謝他,阿彌陀佛!他每一次罵,你都是這個態度,久而久之,他會覺悟,他會感動。絕對不可以對罵,對罵就沒完沒了。他一個人罵,罵累就不罵了。他在那裡罵,我在這裡念阿彌陀佛,讓他罵,這是消自己的業障。他替我消業障,我應當感謝,我念阿彌陀佛迴向給他。如果別人讚歎你,也不要生歡喜心,這未必是真的。人家恭維你,要想到我哪有這個德行讓人讚歎,要生慚愧心。21-080-0001