Selasa, 08 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 09



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 09

Pertanyaan :

Kehidupan sekarang serba tergesa-gesa, bagaimana cara untuk memperlambatnya?  Bagaimana pula cara untuk mengurangi kerisauan?

Master Chin Kung Menjawab :

Membangkitkan Bodhicitta, melatih Jalan Bodhisattva maka masalah pun jadi berkurang. Cara yang paling ideal adalah tidak nonton televisi, tidak baca koran, majalah, anda di rumah melatih enam paramita. Hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan sendiri boleh mengetahuinya, boleh menerimanya; yang tidak berkaitan, tak perlu dirisaukan.

Dengan demikian maka setiap hari adalah hari yang tenang, bebas dan leluasa! Maka itu, harus melepaskan hal-hal dan benda yang tidak berkaitan dengan kehidupan kita. Pepatah Tiongkok mengatakan : “Banyak yang diketahui banyak kerisauan, makin banyak kenalan makin banyak gosipnya”.

Jiwa raga harus suci, pikiran suci memunculkan kebijaksanaan. Ketika orang lain bertanya pada dirimu, setelah adanya kebijaksanaan maka bisa menjawab persoalan yang diajukan insan lain.




問:現代生活步調非常快,請問如何將步調減緩?如何減少煩惱?

答:發菩提心,修菩薩道,問題就少了。最具體的方法是不看電視、報紙、雜誌,你在家修行六波羅蜜。與自己生活行業有關的資訊,可以知道,可以接受;與工作沒有關係的事,不須操心。如此就日日天下太平,自在快樂!因此,必須放下與自己生活不相干的事物。中國古人常講:「知事多時煩惱多,識人多處是非多。」身心清淨,清淨心生智慧。當別人向你請教時,有智慧則能為人解答疑難。18-014