Minggu, 16 Februari 2014

Tanya Jawab 84



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Dalam melatih diri saya bertemu rintangan dari ayahbunda, suami dan putra putriku, saya khawatir karena ini akhirnya mereka menciptakan karma buruk. Bagaimana seharusnya menghadapi persoalan ini?


Master Chin Kung Menjawab :

Andaikata anda dapat melatih diri sesuai dengan ajaran, saya percaya anggota keluargamu takkan merintangimu. Karena jika seseorang melatih diri dengan benar, terhadap keluarga, kerabat dan teman, terhadap tetangga dan orang-orang di sekitarnya, pasti dapat hidup berdampingan secara harmonis, pasti dapat saling menghormati dan menyayangi, bagaimana bisa timbul perselisihan? Ini karena diri sendiri yang bermasalah, seharusnya melakukan introspeksi diri dan memperbaikinya.

Umumnya masalah yang sering terjadi adalah pada menu makanan, anda bervegetarian sementara keluarga makan daging, apalagi yang suka seafood, setelah anda melihatnya tentu pasang mimik muka tak suka, setelah keluarga anda menyadarinya tentunya juga tidak senang. Dalam kondisi sedemikian, harus mengalah dan menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas kebahagiaan orang lain. Andaikata anda dapat mengalah tentunya takkan ada perselisihan, gunakanlah waktu untuk menggugah mereka.

Keluarga anda juga bermaksud melindungimu, melihat anda setiap hari bervegetarian maka mereka akan berkata : “Gizimu tidak cukup, tubuhmu akan rusak!”  Karena itu seorang praktisi hendaknya tenang dan bermaitri karuna, harus menampilkan citra yang bagus, keluargamu bila melihatnya pasti akan berkata : “Anda setiap hari bervegetarian, tidak bergizi tetapi kenapa kesehatanmu sekarang begitu bagus?” Anda harus menjadi teladan yang baik, mengeluarkan hasil dari pelatihan diri selama ini agar mereka dapat percaya.

Setelah memasuki usia paruh baya, gaya hidup vegetarian adalah cara untuk sehat dan usia panjang, cobalah dengan perlahan-lahan mempengaruhi keluargamu, tidak boleh ada perselisihan, harus mengalah dalam keluarga, barulah dapat menyelamatkan mereka, maka masalah ini baru dapat selesai.    




問:在修中遇到父母、丈夫、兒障道的難題,唯擔心眷屬因果而心有餘悸。請問應如何去對待這些問題?

答:妳能如理如法的修行,我相信妳的家人不會障礙。因為一個人修行如法,對家庭、對親戚朋友、對鄰里鄉黨,決定能和睦相處,決定能尊重敬愛,豈會發生衝突?會發生衝突都是自己本身有問題,應當要反省改正。

一般我們常見的是飲食方面,妳吃長素,家人吃葷,特別是喜歡吃海鮮,妳看到了,表情就不一樣,妳家裡人覺察到,當然不舒服。這種情形之下,要懂得恆順眾生,隨喜功德。你能隨順就沒有衝突,樣樣都要忍讓,用時間來感化他們。

家裡人對妳也很愛護,看到妳天天吃素食會說:「營養不夠,妳身體會壞!」因此,學佛心地要清淨慈悲,一定要把形態修好,家裡人看到會說:「妳天天吃素,沒有營養,為什麼身體這麼好?」妳必須做好榜樣,把修行的成果拿出來,他們就相信了。

中年以後,素食是健康長壽之道,這種生活方式是健康長壽的方式,妳慢慢的去教導家人、影響家人,決定不能衝突,一定要隨順家親眷屬,才能度化他們,這個問題就能解決。21-90-60