Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 47



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 47

Pertanyaan :

Bagaimana caranya melatih kesucian hati agar selalu awet muda?

Master Chin Kung Menjawab :

Jujur saja, setiap insan ingin memahami hal ini. Buddha mengajari kita untuk menjauhi semua khayalan semu, maka hati jadi suci. Di dalam sutra tercantum bahwa “Segala sesuatu yang merupakan hasil perpaduan adalah khayalan semu”.  Segala sesuatu itu boleh kita pergunakan, tetapi tidak boleh melekat, di dalam hati tidak boleh ada; jika di dalam hati ada, maka ini tidak suci. Jika hati tidak suci maka kehidupan tidak memperoleh kesempurnaan, melatih diri juga tidak berhasil. Tak peduli pintu Dharma apapun yang kita latih juga takkan berhasil.

Pintu Dharma Aliran Sukhavati adalah “metode melatih diri yang mudah” yang diakui oleh orang banyak, dapat membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata di dalam hati masih ada kekhawatiran, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu, jika di dalam hati ada kekhawatiran, ada kecemasan, maka tidak berdaya melampaui dan keluar dari enam alam tumimbal lahir.  Di dalam tumimbal lahir, pasti satu kehidupan lebih parah daripada kehidupan sebelumnya, satu kehidupan lebih menderita daripada kehidupan sebelumnya. Kita harus tercerahkan! Melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, apa yang disebut sebagai “pikiran suci maka alampun jadi suci, maka itu segala kekhawatiran harus dilepaskan.

Setelah belajar Ajaran Buddha, hanya ada satu hal yang membuatku khawatir, yakni ibundaku, tahun ini (tahun 1995) sudah berusia 91 tahun, harus membantunya agar terlahir ke Alam Sukhavati. Setelah kami bertatap muka di Hongkong, saya menasehatinya agar melafal Amituofo. Beliau telah melafal selama sepuluh tahun. Selama beberapa tahun ini, beliau selalu mengkhawatirkan anak dan cucunya, ini adalah masalah besar!

Maka itu, saat bertemu atau meneleponnya, saya menasehati beliau agar melepaskan kemelekatan. Setahun belakangan ini, beliau tidak memiliki kekhawatiran lagi, benar-benar sudah melepaskan kemelekatan. Ibunda mengatakan padaku beliau telah dua kali melihat Buddha Amitabha, satu kali melihat Bodhisattva Avalokitesvara.

Pada tahun ini (1995) lunar bulan ke-5 hari ke-1 meninggal dunia, memiliki tanda-tanda istimewa, sungguh telah terlahir ke Alam Sukhavati. Hingga hari ke-8 kepergian beliau, jasad beliau masih lembut, seluruh tubuhnya masih lembut, wajah beliau serupa masih hidup, bercahaya dan harum. Setelah perabuan, diperoleh lebih dari 300 buah sarira, ini sungguh sudah terlahir ke Alam Sukhavati. Saya telah menunaikan kewajibanku pada beliau, maka itu kini saya tidak memiliki kekhawatiran lagi, tiada kerisauan lagi, apapun tiada lagi, begini baru terasa bebas.

Jika manusia tidak memiliki kekhawatiran lagi, bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka kapan saja bisa terlahir ke sana, menghadapi kelahiran dan kematian bebas tanpa rintangan! Jika masih ingin tinggal di dunia ini beberapa tahun lagi, juga bukan halangan, juga tidak masalah. Setiap insan dapat melakukannya, memahami teori dan caranya maka dapat mewujudkannya. Jiwa raga suci, seimbang, maitri karuna, maka tidak mudah jadi tua.




問: 請問如何修清淨心,讓青春永駐?

答:實在講,這是每個人都想要明瞭的。佛教導我們,離一切虛妄相,心就清淨。經上說得很好,「凡所有相,皆是虛妄。」所有一切現象,我們可以受用,不能執著,心裡不能有;心裡有,就不清淨。心不清淨,生活得不到美滿,道業不能成就。無論修那個法門都不能成就。淨土法門是大家公認的「易行道」,能帶業往生。如果心裡有牽掛,就不能往生。所以,心裡有牽掛、有憂慮,沒有辦法超出六道輪迴。在輪迴裡,決定是一世不如一世,一世比一世苦。我們一定要覺悟!念佛求生淨土,所謂「心淨則土淨」,就是一切牽掛都要放下。

我學佛之後,唯一牽掛的事,就是還有一位老母親,今年(一九九五年)是九十一歲,一定要幫助她求生西方極樂世界。在香港和她見面之後,就勸她念佛。她已經念了十年。前些年她牽掛兒子,牽掛孫子,這是大麻煩!所以,每一次見面,或和她打電話,就是勸她放下。最近一年,她沒有牽掛了,真的放下。她說見過兩次阿彌陀佛,見過一次觀音菩薩。今年(一九九五年)農曆五月初一往生,瑞相非常好,是真的往生。她走了之後第八天開弔,身體還是軟的,全身都是軟的,面色如生,放光、放香。火化之後,撿到三百多顆舍利,這是真的往生。我對得起她,所以我現在沒牽掛、沒憂慮,什麼都沒有,這樣才自在。

  人真正到沒有牽掛,求生西方極樂世界,隨時可以去,生死自在!願意在此世界多住幾年,也不礙事,也無所謂。人人都做得到,懂得理論、方法就做得到。心身清淨、平等、慈悲,就不容易衰老。18-012