Senin, 21 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 17



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 17

Pertanyaan :

Apakah boleh mewakili ayahbunda atau sanak saudara untuk melatih diri? Apakah berkah kebajikan bisa dilimpahkan kepada mereka?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika ingin mewakili ayahbunda atau sanak saudara untuk melatih diri, maka harus meneladani Bodhisattva Ksitigarbha. Di dalam Sutra Ksitigarbha ada kisah puteri Brahmana, anda dapat menggunakan cara Beliau untuk melatih diri, sanak keluarga anda dapat memperoleh berkah kebajikan, sementara jasa kebajikan sendiri juga berkembang.

Tetapi perlu diketahui bahwa jasa kebajikan tidak bisa diwakili. Didalam Surangama Sutra ada membicarakan tentang Yang Ariya Ananda yang sedang dilanda kesulitan, Yang Ariya Ananda dan Buddha Sakyamuni adalah saudara sepupu, namun Buddha Sakyamuni juga tidak mampu mewakilinya, Buddha saja tidak sanggup mewakili, apalagi kita!

Dalam Sutra Ksitigarbha yang mengupas tentang bagaimana Puteri Brahmana melimpahkan jasa melatih dirinya kepada ayahbundanya, ayahbundanya benar-benar memperoleh manfaat, tetapi harus memahami aturan dari pelimpahan jasa, jika tidak demikian, maka sulit untuk memperoleh hasil.


問:請問自己可以代替父母或親人修法嗎?福德可以迴向給他們嗎?

答:代替父母或親人學法,必須學地藏菩薩。《地藏菩薩本願經》裡面講到婆羅門女、光目女,你用她們那種修行方法,你的家親眷屬能得福報,自己的功德也成就了。但是要知道,功德是無法代替的。《楞嚴經》講阿難尊者遭難,阿難尊者與釋迦牟尼佛是堂兄弟,釋迦牟尼佛都沒有辦法代替他,佛尚且不能代替,何況其餘!《地藏經》以修行超度父母,父母真正得利益,但是一定要曉得超度的道理,否則很難產生效果。21-090-0076