Selasa, 15 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 07




Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 07

Pertanyaan :

Ada seorang teman  yang awalnya adalah seorang praktisi Ajaran Buddha yang tulus, tak terduga kemudian dia menjadi seorang anggota “Falun Gong”, menurutnya praktek ilmu ini baru yang tertinggi, Buddha Dharma tidak mampu menandinginya.

Oleh karena pengetahuan Dharma saya masih dangkal sehingga tidak mampu menasehatinya agar kembali ke jalan yang benar, bagaimana seharusnya?

Master Chin Kung Menjawab :

Anda lebih giat belajar, sehingga ketrampilan melatih diri anda melampauinya, maka dia akan percaya padamu, jika tidak demikian, anda tidak memiliki kesanggupan membantu insan lain.

Di dalam sutra tertera bahwa “diri sendiri masih belum terselamatkan dan dapat menyelamatkan insan lain, ini adalah hal yang mustahil”, maka itu terlebih dulu diri sendiri harus berhasil.

Orang lain melangkah di jalan yang salah, setiap insan memiliki jalinan jodoh masing-masing.  Jika sudah dinasehati dua kali tetapi tidak didengar, maka tidak perlu menasehati untuk ketiga kali lagi, karena kewajiban seorang teman telah dipenuhi, kelak dia takkan menyalahkan dirimu.


問:有位朋友原本是虔誠的佛弟子,不知為何變成了法輪功的一分子,他覺得法輪功才是至高無上的,佛法比不上。因弟子功夫甚淺,無法勸他回頭,請問怎麼辦?

答:你自己加功用行,你的功夫超過他,他就相信你了,不然,你沒有辦法幫助別人。經上常說「自己未度而能度人,無有是處」,所以要先成就自己。別人走錯路子,各有因緣。勸兩次不回頭,就不必勸第三次了,因為朋友的責任盡到了,他將來就不會怪你。21-275-0001