Rabu, 09 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 14



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 14

Pertanyaan :

Kabarnya para sesepuh terdahulu misalnya Master Yin Guang, Master Guang Qin dan sebagainya menganjurkan para praktisi untuk melafal “Namo Amituofo”,  membulatkan tekad dan jangan berganti subyek. Tetapi belakangan ini saya mendengar ada anggota Sangha menjelaskan bermacam-macam jasa kebajikan dan manfaat dari melafal Namo Avalokitesvara Bodhisattvaya Mahasattvaya dan Namo Ksitigarbha Bodhisattvaya Mahasattvaya, saya jadi bingung, mohon guru memberikan bimbingan ceramah.

Master Chin Kung Menjawab :

Rintangan karma anda sangat berat, beratnya ada pada ketika melihat yang lain hati jadi berubah. Setiap hari terus menerus berganti subyek, dikhawatirkan sampai tua, anda juga belum berhasil. Jika ingin mencari sebuah metode yang cepat, maka sepatah “Namo Amituofo” adalah cara yang paling efektif, tetapi sayangnya anda tidak percaya.

Seluruh Buddha memuji jasa kebajikan dari melafal Amituofo adalah yang terunggul. Master Ci Yun berkata, ketika rintangan karma tidak sanggup dieliminasi oleh seluruh sutra dan syair pertobatan, terakhir masih ada sepatah Amituofo, kekuatan sepatah Amituofo ini melampaui seluruh sutra dan syair pertobatan.

Dulu di Taichung ada Upasaka Li Bing-nan, untuk menjadi muridnya harus memenuhi tiga syarat, yakni yang pertama adalah hanya boleh mendengar ceramah dari beliau saja, ceramah dari anggota Sangha dan praktisi senior lainnya, sama sekali tidak boleh didengar.

Yang kedua adalah mulai sekarang, membaca buku apa saja, baik buku Dharma maupun buku duniawi, juga harus terlebih dulu mendapat persetujuan dari beliau.

Hubungan antara guru dan murid ini, ketika anda telah dapat menerima bimbingan guru, maka guru akan bertanggungjawab sepenuhnya pada dirimu. Maka itu permasalahan kembali pada diri anda sendiri.




問: 以前聽從印光祖師、廣欽老和尚等都勸人持念「南無阿彌陀佛」,本也想立定志向,不換題目。但最近又聽聞其他法師說,六字大明咒、南無觀世音菩薩、南無地藏王菩薩種種功德利益,遂使弟子心起無明,弟子咸認為只要利益大,都能事半功倍的,若埋頭一路念下去,終有感應道交時。故請法師慈悲開示,弟子應如何對治?

答:你的業障很重,重在見異思遷。天天在換題目,恐怕到老都一事無成。若想找一個快的方法,一句佛號「南無阿彌陀佛」是最有效的方法,但你不相信。諸佛如來都稱讚,念阿彌陀佛功德第一。慈雲灌頂法師說,當所有經懺都懺不了的罪業,最後還有一句阿彌陀佛,這一句阿彌陀佛的力量超過所有一切的經懺佛事。

  從前台中李老師,做他的學生須有三個條件,第一個條件只可以聽他講經,其他法師大德、在家居士講經,一律不准聽。第二條從今之後看的書,不管是佛書、世間書,都要經過他同意。這個是師承,當自己完全服從老師時,老師會對你負完全責任。所以問題在於你自己。21-275-0001