Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 45



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 45

Pertanyaan :

Buddha berkata “Segala sesuatu adalah kekosongan(sunyata)”, tetapi dalam kehidupan keseharian selalu berubah-ubah, bagaimana cara mengatasinya?

Master Chin Kung Menjawab :

“Segala sesuatu adalah kekosongan”, teori ini sungguh mendalam, bukan kondisi batin seorang praktisi pemula. Andaikata anda bisa memahami “segala sesuatu adalah kekosongan”, maka dalam kehidupan keseharian, segala perubahan takkan ada kaitannya dengan dirimu, maka anda takkan ada masalah lagi. Anda masih memiliki masalah, anda masih menginginkan cara untuk mengatasinya, maka dapat dilihat anda masih belum kosong. Jika anda sudah mencapai kondisi batin “segala sesuatu adalah kekosongan”, maka anda bukan lagi orang awam, tetapi adalah Bodhisattva Dharmakaya, bukan hanya telah melampaui enam alam tumimbal lahir, bahkan juga telah melampaui Dasa Dharmadhatu.

Hari ini kita memahami bahwa segala sesuatu itu adalah kosong, namun dalam kenyataannya kita masih belum sanggup untuk terkosongkan, masih harus bertindak menuruti Ajaran Buddha. Ajaran Buddha ada di mana? Ada di dalam Sutra Usia Tanpa Batas yang prinsipnya adalah “menjaga vaci-kamma, tidak membicarakan kesalahan orang lain; menjaga kaya-kamma, tidak melanggar sila; menjaga mano kamma, suci tak ternodakan”.

Kita boleh menggunakan prinsip ini dalam menjalani kehidupan keseharian, dalam mengatasi permasalahan, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup, barulah terjalin dengan Buddha Dharma. Anda harus membacanya dengan seksama.



問:佛說「萬法皆空」,可是在日常事相上千變萬化,請問應如何處理?

答:「萬法皆空」說得很深,不是初學人的境界。如果你真的懂得萬法皆空,在日常生活當中,千變萬化與你都不相干,你就沒事了。你還有事,你還想如何處理,可見得你沒有空。真正到萬法皆空的境界,你不是凡夫,而是法身菩薩,不但超越六道,也超越十法界。

  我們今天明瞭萬法皆空之理,在事上我們還是空不了,還是要依照佛的教誨去做。佛的教誨何在?夏蓮居老居士會集的《無量壽經》非常希有難得,總綱領就是「善護口業,不譏他過;善護身業,不失律儀;善護意業,清淨無染。」我們能用此綱領過生活,處事待人接物,與佛法就相應了。你要仔細去讀。21-090-0088