Jumat, 03 Januari 2014

Tanya Jawab 54



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Setelah seseorang meninggal dunia, jangan langsung memindahkan atau menggerakkannya, karena takut bila timbul kebencian di hatinya. Di Taiwan atau di dusun, bisa disemayamkan di memorial hall (ket : bangunan untuk menaruh papan sembahyang para leluhur, bentuknya seperti kelenteng) agar bisa membantunya melafal Amituofo.

 Tetapi di Hongkong, tak peduli mati di rumahsakit atau di rumah, segera harus dipindahkan, jika tidak maka akan dilakukan otopsi, jika bertemu kejadian sedemikian, apa yang harus kami lakukan?


Master Chin Kung Menjawab :

Ini adalah cara masyarakat jaman sekarang memperlakukan jenazah almarhum, ini juga merupakan karma bersama orang jaman sekarang, sungguh merepotkan. Di Taiwan, umat Buddha setelah mengetahui hal ini, maka itu mereka sudi melepaskan pengobatan di rumah sakit, kemudian pasien dibawa pulang ke rumah untuk membantunya melafal Amituofo, karena hidup pasien mungkin tinggal satu atau dua hari lagi atau bahkan hanya tersisa beberapa jam saja. Jika di vihara, maka ada upacara untuk mengantar kepergian almarhum, jika melakukannya dengan benar maka tentu akan sangat bagus.




問:人死之後,要馬上觸動他的身體,怕生瞋恨心。在台灣或鄉下,可以放在祠堂助。但在香港,死在醫院或家,馬上要搬動,否則要剖腹驗屍,請問遇此事應如何做?

答:這是現代社會對亡者處置欠妥之處,是現代人的共業,確實很麻煩。在台灣,學佛的同修知道這個事情,所以願意放棄醫院的救治,帶回家助念,但他存活的時間大概只剩一、兩天,或者幾個小時。如果在寺院,就有送往生的儀式,做得很如法,當然是更好。21-90-73