Senin, 17 Februari 2014

Tanya Jawab 95



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Saat mendengar ceramah atau sedang melakukan namaskara pada Buddha, akan merasa sedih dan menangis, apakah ini tandanya rintangan karmaku berat?


Master Chin Kung Menjawab :

Jawabannya ada di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” Buddha mengatakan ini karena akar kebajikanmu muncul, bukan karena rintangan karma berat.

Ketika anda mendengar ceramah, melakukan pertobatan akan merasa sedih dan menangis, ini karena pada masa kelahiran yang lampau, anda pernah mempelajari Pintu Dharma ini, tetapi tidak berhasil, pada masa kelahiran sekarang bertemu lagi, maka itu merasa sangat sedih. Jika memang demikian, maka anda harus lebih giat berusaha, di dunia ini tidak ada yang perlu didambakan, jangan melewatkan kesempatan ini, kelahiran ini juga pasti harus berhasil.

Kita tinggal di dunia ini, anggaplah dunia ini sebagai hotel, tidak ada satupun yang bisa kita miliki, kita hanya memiliki hak guna, tidak punya hak milik. Ada orang yang mengatakan bahwa rumah ini milikku, ini adalah palsu, ini adalah sesat. Hanya ada hak pakai, tidak ada hak milik”, andaikata anda telah berhasil memahami kalimat ini, maka anda akan memperoleh kebebasan, senantiasa bersukacita. Setelah memahami kebenaran ini hatipun jadi tentram.

Apa itu hati tentram? Takkan lagi memiliki khayalan, perbedaan, kemelekatan. Sebaliknya jika masih memiliki khayalan, perbedaan, kemelekatan, maka jiwa takkan tentram, raga pun takkan tentram, sehingga akan membawa kerugian besar pada kesehatan dan usia kita. Maka itu kebenaran harus dipahami dengan jelas!    




問:懺摩或是聽經拜佛時,就會傷心流淚,請問是否業障重?

答:這個答案在《無量壽經》裡。佛說這是你的善根發現,不是業障重。你聽經、懺悔會傷心流淚,是你過去生中曾經學過這個法門,但是沒有成就,這一生又遇到,就感覺得難過。既然如是,你就要更加用功,世間不值得留戀,不要錯過機會,這一生當中決定要成就。

《金剛經》云:「凡所有相,皆是虛妄。一切有為法,如夢幻泡影,如露亦如電,應作如是觀。」萬萬不可執著實有。佛講,世出世間一切法是「唯心所現,唯識所變」;換言之,就是「心性幻化虛空法界」,虛空法界就是我們心性幻化的。「色身影現國土眾生」,我們的色身、國土(星球)是一切眾生影現。影現就是《金剛經》講的夢幻泡影。虛空、法界、國土、眾生都不是真實的,就像作夢一樣,夢中的境界是事有理無,所以我們可以受用,不可執著,執著就錯了。

我們住在這個世間,把世間看作旅館,沒有一樣是自己的,我們有使用權,沒有所有權。有人說這個房子是他所有,那是假的,那是迷惑顛倒。「只有使用權,決定沒有所有權」,你把這兩句話參透了,就得自在,常生歡喜心。佛家所謂是「理得心安」,道理清楚、明白了,心就安了。心安是什麼?再不會有妄想、分別、執著。若有妄想、分別、執著,你的心不安。心不安,身也不安,對自己的健康、壽命都有很大的傷害。理得心安最明顯的是健康長壽,所以理要明白,事相要清楚!21-90-73