Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 36



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 36

Pertanyaan :

Dalam melatih diri mengalami kerasukan, apakah ini berarti pelatihan diri mengalami kemajuan atau bukan?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini tidak ada kaitannya dengan kemajuan batin atau bukan, andaikata memang pelatihan diri mengalami kemajuan, sudah memiliki ketrampilan, makhluk halus juga takkan bisa merasuki. Dia dapat merasukimu karena kondisi tubuhmu yang lemah, energimu (Qi) sangat lemah. Mengapa dia tidak merasuki orang lain? Ini karena tubuh orang itu kuat, energi positifnya tinggi (Yang Qi).

Maka itu, energi positif kita harus lebih besar daripada energi negatif (Yin Qi) makhluk halus, maka dia tidak bisa merasukimu. Saat energi kita sedang melemah, khayalan lagi banyak, maka dia memiliki kesempatan untuk masuk, yang juga dikatakan ketrampilan melatih diri yang tidak berhasil. Namun berhasil atau tidak berhasil, asalkan musuh kerabat penagih hutang sudah muncul, ini juga merupakan salah satu penyebab masalah. Jika kita ingin berhasil maka kita juga harus membantu mereka agar bisa berhasil, kita melatih diri bersama-sama, meraih keberhasilan bersama-sama, ini hal yang bagus, maka itu jangan mengusirnya. Lagipula bukan berarti bila ketrampilan melatih diri dangkal maka bisa mengusir musuh kerabat penagih hutang, maka itu lebih baik menerima dengan ketulusan, membantu mereka mengubah kejahatan menjadi kebajikan, mengubah kesesatan menjadi pencerahan, ini adalah melatih diri sendiri sambil mencerahkan makhluk lain.

Waktu dulu ketika saya berada di Amerika, ada seorang Upasika Gan yang melatih diri dengan amat serius, tekun dan tak lengah. Suatu kali, dia menyewa sebuah rumah di San Francisco, California, yang ternyata adalah rumah hantu, dia bilang kepadaku, hantu ini setiap malam muncul, setiap tengah malam tepat pukul 12 pasti keluar. Hantu itu berkata pada Upasika Gan bahwa dia merupakan musuh kerabat penagih hutang masa lampaunya dan sekarang ingin minta pelunasan hutang nyawa. Hantu itu tampak sungguh mengerikan dan menakutkan, rupanya sangat seram, dan beranjak mendekatinya, Upasika Gan segera terfokus melafal Amituofo, dia melafal berkesinambungan tanpa henti, sehingga hantu itu tidak bisa mendekati dirinya, jaraknya sekitar tiga atau empat kaki. Dia terus melafal hingga fajar menyingsing, hantu itu pun pergi.

Ada praktisi yang bertanya pada Upasika Gan : “Kenapa tidak pindah saja?” Dia menjawab : “Hantu itu merupakan kalyanamitra-ku, karena setiap malam dia muncul, sehingga setiap malam saya mati-matian melafal Amituofo, jadi ini juga adalah hal yang bagus”.

Upasika Gan ini sungguh patut dikagumi, dia tidak merasa takut, memiliki keberanian, dengan melafal Amituofo sedemikian hingga satu kurun waktu yang panjang, hantu itu pun tidak muncul lagi. Kami yakin hantu itu sudah memperoleh manfaat, melihat musuhnya begitu serius dan tekun melafal Amituofo, saya yakin hantu itu tentu amat bersukacita, kemudian kembali ke jalan yang benar, tidak cari masalah lagi.

Maka itu, kita melatih diri bukan untuk diri sendiri saja, jika hanya untuk diri sendiri saja adalah egois, ini adalah Hinayana. Kita melatih diri setiap saat adalah untuk semua makhluk, semoga semua makhluk di seluruh alam semesta dan Dharmadhatu dapat memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, mengubah kesesatan menjadi pencerahan, mengubah awam menjadi suci, tidak boleh tidak memiliki tekad hati sedemikian. Dengan begini maka semua musuh kerabat penagih hutang akan menjadi pelindung kita, kalyanamitra, melatih diri dengan cara sedemikian barulah benar.



問:修學路上遇到附身情況,請問是修行得力還是不得力?

答:這不是得力與不得力的事情,果然修持得力,真有功夫,他也附不上身。他能夠附上身是你身體衰弱,你的氣很虛弱。為什麼他不附別人?別人身體強壯,陽氣盛。所以,我們的陽氣勝過靈鬼的陰氣,他就不能附身。我們的氣衰,妄念多,他就趁虛而入,也可以說是修行功夫不得力。但是無論得力不得力,冤親債主找來了,不是一件壞事。我們自己想成就,我們也很樂意幫助他成就,我們一起共修,共同成就,這是好事情,所以不要拒絕他。而且決不是淺顯功夫就能把冤親債主趕走,所以還是誠心誠意接納為好,幫助他們轉惡為善、轉迷為悟,這是自行化他。

往年我在美國,有一位甘居士修學非常認真,精進不懈。有一次,她在舊金山租到一間鬼屋,她告訴我,這個鬼每天晚上都出現,每到十二點準時就來了。鬼告訴她,他是來討命的,是她的冤親債主。鬼的樣子非常難看,是凶惡之相,走到她的面前,她就一心念阿彌陀佛,她用追頂念佛,一句接著一句念,鬼就不能靠近了,距離大概三、四尺。一直念到天快亮了,鬼就走了。

  有同修問她:「妳為什麼不搬房子?」她說:「鬼是我的善知識,因為他每天晚上來,讓我每天晚上拼命念佛,不是壞事情。」甘居士很值得人尊敬,她不怕,有膽量,這樣念了一段相當長的時間,鬼就不再來了。我們相信鬼也得利益了,看到冤家對頭這樣用功認真努力念佛,我相信他也歡喜,也回心轉意,不再找她麻煩。

因此,我們修行不單是為自己,單為自己是自私自利,這是小乘。我們修行念念當中都為一切眾生,希望虛空法界一切眾生都能斷惡修善、轉迷為悟、轉凡成聖,不能沒有這個願心。這樣所有的冤親債主都會變成我們的護法、善友,如此修學就對了。21-090-0084