Rabu, 11 Desember 2013

Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika 04



Jika kita membahas tentang kekuatan gaib, banyak sekali jenisnya. Yang pertama adalah kekuatan gaib yang dimiliki oleh “siluman”, yakni kekuatan gaib yang sesat. Karena yang dia latih adalah samadhi sesat, maka yang dia peroleh adalah kekuatan gaib sesat, kita menyebutnya sebagai “kekuatan gaib siluman”.

Asura dapat dibagi menjadi : Asura Binatang, Asura Manusia, Asura Langit…..”enam alam tumimbal lahir”, di dalamnya ada Alam Asura, maka itu ada yang menghapus daftar alam asura dari enam alam tumimbal lahir, karena sudah membaginya ke masing-masing alam, sehingga disebut “lima alam”. Contohnya di dalam Sutra Usia Tanpa Batas disebut “lima alam”, “Asura Langit “ yang paling tinggi, yang paling rendah adalah Asura Binatang”.

   Sebagian setan termasuk ke dalam “Asura Setan”, juga termasuk “Alam Asura”. Mereka sungguh memiliki kekuatan gaib, aliran luar tentu memiliki pengalaman ini. Aliran Tao sendiri juga amat takut bila anda sampai membuka nadi dan mata hantu, ini adalah kejahatan. Sekali terbuka, maka anda dapat melihat hantu, bisa lalu lalang di alam setan, karena memiliki kekuatan gaib setan! Anda ingin ke mana bisa ke mana, ini adalah salah satu hal yang mengerikan.

Jenis lainnya adalah ilmu sulap, yakni dengan mengandalkan ilmu sulap sehingga dapat mempertunjukkan kekuatan gaib pada orang lain. Contohnya dia dapat melukis jimat, atau dengan menggunakan kemampuan gaib untuk menyelesaikan masalah. Tetapi orang itu sendiri tidak memiliki kelebihan apa-apa, dia belum mencapai pencerahan, hanya memiliki sedikit ilmu gaib yang disebut sulap. Ini bukan sesuatu yang luar biasa.

Jenis lainnya adalah dukun. Pamanku Upasaka Mei Guang-xi adalah seorang pejabat di Guangdong, dia menderita bisul di kakinya, kebetulan saat itu gubernur hendak datang mengadakan pemeriksaan, pamanku adalah pemimpin di salah satu wilayah. Ketika gubernur hendak datang memeriksa, kebetulan saat itu paman sedang menderita bisul, jika tidak ikut mengadakan penyambutan, maka hubungan mereka pasti akan timbul kesalahpahaman, gubernur akan merasa anda tidak senang padanya. Sebaliknya jika ingin pergi menemuinya, tetapi bisul di kakinya……..akhirnya paman pergi mencari dukun, dukun berkata :

“Baik! Saya akan menyelesaikan masalahmu, berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan acara penyambutan tamu?”

Paman menjawab : “Termasuk jamuan makan dan pendampingan, harus dua bulan baru bisa mengantar kepergian gubernur”.

“Baiklah! Dalam kurun waktu dua bulan, anda silahkan menyelesaikan urusan anda, dijamin dalam dua bulan ini takkan ada masalah!”

Profesi dukun di Hunan amat populer, untuk sementara dukun memindahkan bisul tersebut ke pohon, kulit pohon terkelupas satu bagian, tetapi manusianya justru sembuh.

Paman berhasil menyelesaikan tugasnya, penyakitnya juga tidak kambuh. Kemudian dia berdiskusi dengan dukun :

“Bisa tolong agar bisul itu jangan dipindahkan kembali ke diriku?”

Dukun menjawab : “Tidak bisa, harus dipindahkan kembali. Setelah dikembalikan ke diri anda, baru saya menyembuhkannya”.

Ini adalah ilmu gaib, dengan sedikit sulap dapat menyelesaikan masalahmu untuk sementara waktu, tetapi kemudian anda tetap harus menghadapinya. Dengan perkataan lain, melalui sulap, dapat meminjamkan waktu sejenak kepadamu. Kekuatan gaib jenis ini juga tidak ada istimewanya, hanya bisa meminjam ruang dan waktu sejenak.

Saat kini di Beijing terdapat seorang guru Qi-gong yang amat populer,  ada pasien yang datang dari jauh minta berobat padanya, ternyata penyakit berhasil disembuhkannya, tetapi begitu sampai di rumah, pasien tersebut meninggal dunia.

Setelah kita mendengar istilah dukun dan beragam jenis ilmu gaib, akan mengerti bahwa semua ini adalah hal yang dipaksakan. Walaupun penyakit anda tampak sembuh tapi nyawa sudah melayang, sampai di rumah sudah mati. Kita harus memahami persoalan ini.

Dikutip dari ceramah Upasaka Huang Nianzu
Judul : Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika


至於說到“通”,有各種的通。頭一個是“妖通”。就是不正確的“通”。由於他修的是邪定,他就得到邪通,我們稱之為“妖通”。

“修羅”分:畜修羅、鬼修羅、人修羅、天修羅……“六道”中有“修羅道”,但有的把“修羅道”取消了,分在其他道裏頭了,稱為“五趣”。比如《無量壽經》稱為“五趣”。“天修羅”最高了,最低是“畜修羅”。所謂的“仙”之流,實際上就是“畜修羅”。有些鬼、鬼神也是“鬼修羅”,都屬於“修羅道”。他們的確是很有神通,凡外道都有這種經驗。所以練道家功很怕你開鬼脈、開鬼眼,這個是壞事。一旦開了,你就可以見鬼了,可以往鬼道中隨便去了,有鬼的通了!你要到哪就到哪兒,種種的,這是一種可怕的不好的現象。

另外一種是“術通”。就是靠法術而顯通。比如他能畫個符,或者憑其他方法能解決問題。但他本人並沒有什麼特別的,本人沒有什麼覺悟,只是他有點法術,稱為“術通”。這是不究竟的。像“祝由科”就是“術通”。我舅公梅光曦,他在廣東做官,他長了個瘡,正好省長要來巡察,他是一個區的區長,一個專區的行政長官,省長要來巡察,他正在長瘡,如果不去接待,兩個人之間就會產生誤會,人家省長就以為你對他有意見呢。可是要去接待,卻腿上長了瘡……於是他就找了個“祝由科”。“祝由科”說:

“好!我能給你解決問題,你要多久才辦完迎請之事?”

我舅父說:“連接風帶陪同,要兩個月才能把省長送走。”

“好了!兩個月之內,你儘管去辦事,保證在這段時間內沒事!”

“祝由科”在湖南很流行,他就是用“祝由科”的術把這個瘡一下子搬到樹上了,樹上就爛一塊,可人卻好了。

我舅父果然把這事辦完了,都很好。回來之後就跟他商量說:

“你能不能不搬回來呀?”

他說:“不行,非搬回來不可。搬回來之後在你腿上再治。”

這都是術通,靠一個法術能夠把你的問題暫時解決一下,但是還必須得搬回來。也就把說,通過法術,能把這時間給你錯一錯。說到的很多特異,其實就是把時空錯一錯的結果。現在北京有個最有名的人,紅的發紫的一個氣功師,有個人從遠道來請他看病,確實是病給看好了,剛一到家就死了。大家聽到“祝由科”和這些事情,就會明白這些事情都是很勉強的。你病是好了,壽命完了,到家就死了。這些事情我們要有所瞭解。

摘自:訪美雜談
 黃念祖老居士主講