Sabtu, 05 April 2014

Melafal Amituofo 27



Tanya Jawab Seputar Melafal Amituofo 27

Pertanyaan :

 Mengapa bila melafal Amituofo dengan mesin pelafal Amituofo, bentuk-bentuk pikiran yang muncul lebih sedikit, tetapi jika melafal Amituofo dalam kebaktian bersama, lalu alat kebaktian juga dipukul cepat dan lambat, saat ganti nada, khayalan jadi bertambah banyak?

Master Chin Kung Menjawab :

Akar kebijaksanaan masing-masing praktisi berbeda-beda, jika anda melafal Amituofo dengan mesin pelafal Amituofo, bisa mendapatkan kemajuan batin, khayalan jadi berkurang, maka anda boleh meneruskan melafal Amituofo dengan mesin pelafal Amituofo, ini bermanfaat bagimu.

Sedangkan mengikuti kebaktian bersama, boleh menuruti jalinan jodoh yang ada, menjadi praktisi pendukung yang ikut menwibawakan vihara, ini juga adalah sebuah jasa kebajikan. Di dalam upacara kebaktian pesertanya banyak, sehingga dapat menyebabkan praktisi pemula membangkitkan keyakinan, timbul pikiran sukacita. Dalam mengikuti upacara-upacara, janganlah ada perhitungan, menuruti jodoh menjalin jodoh baik dengan orang banyak.

Dalam melatih diri harus memahami untuk melakukan perubahan, ini adalah yang diajarkan Buddha kepada kita. Yang pertama adalah mengubah kejahatan menjadi kebajikan, yang kedua adalah mengubah kesesatan menjadi pencerahan, yang ketiga adalah mengubah awam jadi suci. Mengubah kejahatan menjadi kebajikan, berada di alam tumimbal lahir ini, kita pasti takkan kehilangan tubuh manusia, takkan jatuh ke tiga alam penderitaan;  mengubah kesesatan menjadi pencerahan, maka anda adalah Bodhisattva, dapat mengamalkan Jalan Bodhisattva, pengetahuan dan pandangan anda benar, tindakan juga benar; mengubah awam jadi suci, yakni mencapai tingkat kesucian.

Hal-hal ini memang sangat sulit, tetapi kita mengamalkan melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, tak mundur lagi dari pencapaian KeBuddhaan untuk mencapai kesucian, Jalan ini dapat dilaksanakan semua insan. Dan rintangannya adalah karena anda memiliki khayalan, kemelekatan, maka itu semakin dapat melepaskan khayalan, kemelekatan dan perbedaan, maka semakin bagus, jika sudah bisa melepaskan keseluruhannya, maka ini adalah Bodhisattva Dharmakaya.

Perbedaan antara Buddha, Bodhisattva dengan orang awam adalah Buddha dan Bodhisattva bisa melepaskan, orang awam tidak sudi melepaskan, perbedaannya ada di sini. Kita harus melakukan introspeksi diri, memahami, harus serius dan tekun mengamalkannya.




問:請問為何跟念佛機念佛時妄念少,跟大眾共修,敲法器有快慢、音調變化時,妄念反而特別多?

答:各人根性不相同,若你跟念佛機念佛,功夫得力,妄念少,你就一直跟念佛機念,對你有好處。在大眾當中念佛,可以隨喜結緣,做法會的影響眾,這是一件功德。法會人多,能使初學人生起信心,生歡喜心。法會中不要計較,隨緣與大眾結緣就好。

  修學一定要懂得做一個轉變,這是佛教導我們的。第一、轉惡為善,第二、轉迷成悟,第三、轉凡成聖。轉惡為善,我們在六道裡決定不失人身,不會墮三惡道;轉迷成悟,你就是菩薩,就能行菩薩道,你的知見正、行為正;轉凡成聖,就是證果。這件事情很困難,但是我們走念佛往生、不退成佛的門路來證果,每個人都有希望。而障礙是因為你有妄想、執著,所以妄想、執著、分別放下的愈多愈好,徹底放下就是法身大士。佛菩薩跟凡夫不同之處,就是諸佛菩薩放下,凡夫不肯放下,差別在此地。這是我們要反省、明白,要認真努力去做的。20-014-0328