Sabtu, 05 April 2014

Melafal Amituofo 32



 Tanya Jawab Seputar Melafal Amituofo 32

Pertanyaan :

Jika saya tekun melafal Amituofo dengan ketulusan hati, apakah saat kini  dapat membantu sanak keluargaku, tidak perlu menunggu hari kelak?

Master Chin Kung Menjawab :

Betul! Jika melafal Amituofo hingga meraih keberhasilan, melimpahkan jasa tentu akan ada hasilnya. Di dalam Ksitigarbha Sutra tercantum bahwa Putri Brahmana melafal nama Buddha selama sehari semalam, mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, pikiran terfokus tak tergoyahkan adalah ketrampilan, sebuah prestasi.

Putri Brahmana melimpahkan jasa kebajikan ini kepada ibundanya, sehingga ibunda beliau berhasil meninggalkan neraka dan terlahir di Surga Trayastrimsa. Andaikata dia melafal nama Buddha dan tidak mencapai pikiran terfokus, tidak memperoleh ketrampilan melatih diri, maka tiada gunanya juga.

Maka itu, melafal Amituofo harus ada prestasinya, prestasi tertinggi adalah pikiran terfokus tak tergoyahkan, prestasi menengah adalah memutuskan keraguan mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan dan prestasi terendah adalah memiliki ketrampilan melatih diri.

Jujur saja, Putri Brahmana jika bukan karena ibundanya jatuh ke neraka, dia juga takkan begitu giat berusaha. Dalam sehari semalam dia begitu tekun tanpa gentar, tujuannya demi menyelamatkan ibundanya, barulah berhasil mencapai pikiran terfokus. Ini adalah Bodhisattva, bukan orang awam. Dia pergi ke neraka, Raja Setan melihatnya, beranjali menyapanya Bodhisattva.

Ini adalah melampaui awam memasuki kesucian, dalam waktu sehari semalam dari orang awam berubah menjadi Bodhisattva. Mengapa dia bisa berubah? Karena tidak sanggup melihat ibundanya jatuh ke neraka, barulah dia dapat berubah. Maka itu dalam keberhasilannya, ibundanya adalah faktor pendukung, karena jasa kebajikan inilah, ibunda beliau dapat terlahir ke Surga Trayastrimsa.

Karena itu, bila anda melafal Amituofo dengan setulus hati, seperti Putri Brahmana, melafal sehari, tujuh hari, dapat memutuskan keraguan mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, dengan jasa kebajikan ini dilimpahkan kepada orang lain, mereka akan dapat memperoleh manfaat yang sesungguhnya.

Maka itu harus memahami aturan melakukan pelimpahan jasa, andaikata diri sendiri melatih diri hanya di mulut lain di hati, maka meskipun melafal seumur hidup juga tiada gunanya.

Ini adalah cara membantu yang nyata, dan juga bantuan untuk kelak hari, di dalam Ksitigarbha Sutra telah tercantum perumpamaan yang sangat bagus.




問: 若自己誠心精進念佛,請問是否當前對家親眷屬就有實際幫助,無須待往後?

答:是的!念佛真有成就,迴向就有效果。《地藏經》上,婆羅門女念佛一天一夜,達到一心不亂,一心不亂是功夫、是成績。她將一心不亂迴向給母親,母親就從地獄生到忉利天。如果她念佛得不到一心,得不到功夫成片,就沒有用處。所以,念佛要有成績,上等的成績是理一心不亂,中等的成績是事一心不亂,下等的成績是功夫成片。

說實話,婆羅門女要不是因為母親墮地獄,她也不會精進努力。她一天一夜勇猛精進,就是為了救母親,所以才能得事一心。這是菩薩,不是凡人。她到地獄,無毒鬼王看到她,合掌稱她菩薩。這是超凡入聖,一天一夜從凡夫轉變成菩薩。她為什麼會轉變?因為母親墮落,她才會轉變。所以,她的成就,母親是增上緣,母親就是因為這個功德生忉利天的。

因此,你誠心誠意念佛,像婆羅門女一樣,念一天、七天,能得事一心不亂,以此功德迴向給別人,他們就得真實利益。事一心不亂,一般講是小乘阿羅漢的境界,大乘是十信位的菩薩;換言之,已經超越六道輪迴,不是凡夫。所以,一定要懂得超度的道理,若自己修行是照本宣科,有口無心,念一輩子都沒有用。

  這是現前實際的幫助,而往後的幫助,《地藏經》上也都有很好的例子。21-080-0001