Minggu, 16 Februari 2014

Tanya Jawab 78



Tanya Jawab

Umat Bertanya :


Apakah ketika mendengar ceramah Dharma boleh sambil berbaring?


Master Chin Kung Menjawab :

Berbaring memang terasa nyaman, tetapi orang yang berceramah itu duduk, sedangkan anda yang mendengarnya malah berbaring, bukankah ini tidak hormat. Tetapi ini juga ada pengecualiannya, saat anda sakit dan tidak sanggup duduk, maka diperbolehkan berbaring sambil mendengar ceramah; sebaliknya jika anda sanggup duduk tetapi demi kenyamanan anda sengaja berbaring sambil mendengar, ini sungguh tidak hormat.

Keberhasilan dari segala Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, Master Yin Guang berkata dengan bagus sekali, adalah berasal dari rasa hormat, satu bagian rasa hormat akan memperoleh satu bagian manfaat, sepuluh bagian rasa hormat akan memperoleh sepuluh bagian manfaat. Walaupun Buddha dan Bodhisattva yang datang untuk membabarkan Dharma pada kita, apabila kita tidak memiliki ketulusan dan rasa hormat, maka satu bagian manfaat pun tidak bisa diperoleh. Maka itu, seberapa manfaat yang bisa diperoleh, terletak pada ketulusan dan rasa hormat.

Di dalam tata krama kita menampilkan ketulusan dan rasa hormat ini, bukan hanya diri sendiri yang memperoleh manfaat, juga sanggup mempengaruhi insan lain. Orang lain melihat sikapmu begitu hormat saat mendengar ceramah, dia juga akan terharu, anda dapat menggugah satu orang, jasa kebajikanmu akan semakin besar.

Janganlah menganggap bahwa tidak ada orang maka boleh bertindak sesuka hati, pemikiran ini salah. Walaupun kita mendengar ceramah sendirian, tetapi setan dan malaikat ada, makhluk halus yang tidak dapat kita lihat dengan kasat mata sungguh banyak. Anda harus bersikap hormat dan penuh tata krama, setan malaikat juga akan menghormati dirimu; jika sebaliknya anda tidak memiliki rasa hormat, setan dan malaikat juga takkan menghargaimu.

Ajaran Konfucius mengajarkan bahwa “seorang ksatria akan selalu mawas diri di kala sedang berada sendirian”, meskipun berada di tempat yang tidak ada orang lain, namun harus senantiasa mawas diri, tidak boleh lalai, tidak boleh bertindak sesuka hati, kebenaran ini harus dipahami.



問:請問聽經是否可以躺著聽?

答:躺著是很舒服,但是講經的人坐著講,你聽經的人躺著聽,這是不恭敬。但也有開緣,你生病的時候,坐不起來,可以躺著聽;你能坐得起來,為圖舒服而躺著聽,這是大不敬。世出世間法的成就,印光大師說得好,從「誠敬」中學,一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益。縱然是佛菩薩來為我們講經說法,我們沒有誠敬心,一分利益都得不到。所以,能得多少利益,都在自己的誠敬心。

我們在威儀上表示這種誠敬,不但自己受益,也能化他。大家見到你聽經如此恭敬,他會受感動,你能多感動一人,功德就愈大。不要以為沒有人在可以隨便一點,這個想法錯了。我們聽經雖然沒有人在,但有鬼神在,我們肉眼看不見的無形眾生很多。你恭恭敬敬,威儀具足,鬼神對你都尊敬;你若是輕慢,鬼神都瞧不起你。儒家言「君子慎獨」,獨自一人都很謹慎,不敢放逸,不敢隨便,這個道理要懂。21-90-59