Senin, 09 Desember 2013

Tanya Jawab 07




Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Saya mengenal seorang praktisi senior, tetapi dia tidak berhenti melanggar sila dan melakukan karma buruk, saya ingin bertanya apakah saya patut terus menutupi hal ini?

Master Chin Kung Menjawab :

Lebih baik anda lupakan hal ini, maka jasa kebajikan anda tak terhingga, hatimu juga akan suci. Jika menaruhnya di hati, maka setiap kali anda memikirkan dia melanggar sila, berarti dia mengulangi lagi melanggar sila; jika terpikir dia melakukan karma buruk lagi, maka berarti dia mengulangi lagi melakukan karma buruk. Dia melakukan perbuatan jahat  melalui tubuh dan ucapan, sedangkan anda melakukannya di pikiran.

Master Hui Neng berkata : “Seorang praktisi sejati tidak melihat kesalahan orang lain”. Jika dapat mengamalkan kalimat ini, maka dalam kehidupan ini karir melatih diri dapat berhasil; jika sebaliknya selalu mengingat kesalahan orang lain di hati, maka akan merusak masa depan sendiri, kelak pasti jatuh ke tiga alam penderitaan. Pikiran anda tidak bersih, tidak ada kaitannya dengan ditutupi atau tidak, karena ini berkaitan dengan kesalahan diri sendiri yang begitu parah.


學佛問答

問:我認識一位老修行,但他不斷的犯戒造業,請問我是否應該繼續替他掩飾?

答:你最好把這件事忘記,就是無量功德,會得清淨心。若放在心裡,你想一次他犯戒,就是自己犯一次戒;想他造一次業,就是自己造一次業。他在身口上造業,你在意地上造業。惠能大師言:「若真修道人,不見世間過。」如果能做到這一句,這一生道業會成就;常將別人的過失放在心上,就毀了自己的前途,來生決定墮三惡道。你心不清淨,沒有什麼掩飾不掩飾,這是自己嚴重的過失。21-90-19