Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 44



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 44

Pertanyaan :

Mohon Master Chin Kung menjaga diri dengan baik.

Master Chin Kung Menjawab :

Tubuh memang harus dijaga, jangan sengaja menyiksanya, tetapi juga jangan terlalu diperhatikan, sehingga tidak bisa merelakan tubuh ini dan menjadi rintangan dalam kelahiran ke Alam Sukhavati. Maka itu di dalam Buddha Dharma segalanya menuruti jodoh yang ada, kehidupan kami ada aturannya, makan dan minum juga dikendalikan, sehingga tidak mudah jatuh sakit. Namun dalam usia lanjut ini juga tak terhindarkan dari permasalahan, tetapi secara umum tubuhku lebih baik daripada mereka yang seusia denganku.

Pekerjaan kami sangat mudah, setiap hari hanya berceramah, mengajar kelas Dharma, selain kegiatan ini maka sendirian membaca sutra, melafal Amituofo, melewati hari-hari secara teratur, sangat sederhana, tidak bersaing dengan orang lain, tidak memiliki keinginan.

Jika ada yang membutuhkan bantuanku demi kepentingan makhluk banyak, maka saya akan melakukannya. Kini PBB datang mencariku, khusus mengadakan sebuah konferensi untuk kerjasama, mengurai perselisihan, mempromosikan keharmonisan, ini hal yang bagus, maka itu saya pergi menghadirinya. Andaikata bukan untuk hal yang penting sekali, saya takkan sudi mengorbankan waktu berceramah, ini adalah tugas utamaku, seharusnya berkomitmen, setiap hari harus melakukannya.

Maka itu saya selalu berkata, setiap dari kita memiliki tugas dan profesi masing-masing, harus menyelesaikan tugas dengan baik, bekerjasama dengan profesi lainnya, maka masyarakat ini akan sehat dan sentosa. Masing-masing memerankan profesinya dengan baik, jangan campur tangan dalam bidang pekerjaan orang lain, namun bekerjasama dengannya.


問:希望法師您要保重身體。

答:身體是要保重,不要任意糟蹋,但是也不要過分的重視,會變成捨不得離開這個身,對往生有障礙。所以在佛法裡是一切隨緣,我們的生活有規律,飲食有節制,就不容易生病。但是年歲大還是不免有問題,不過在一般情況之下,大概我的身體狀況比同年齡的人要好很多。我們的工作很簡單,每天都是在講經、上課,除了這個之外就自己讀經、念佛,過得很規律、很單純,於人無爭,於世無求。人家來找我為大眾做事情,我會去做。現在聯合國來找我,特別開一個會議為共同合作、化解衝突、促進和平,這是好事情,所以應該要去一趟。如果不是很重要的事情,我都不願意放下講經,這是我的本行,我從事這個工作,應該要敬業,天天要幹。

  所以我常常講,我們每個人在自己工作崗位上,把自己的工作做好,與其他各個行業密切合作,這個社會就健康,就是美好的。自己做好本位,不要去干涉別人,要與別人合作。21-269-0001