Selasa, 29 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 24



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 24

Pertanyaan :

Saya sudah belajar Ajaran Buddha selama lima tahun, selalu mendengar VCD ceramah anda, juga sudah mengambil Visudhi Trisarana. Kala mendapat banyak halangan dari keluarga, membuatku semakin giat, bahkan tiga tahun yang lalu saya mengambil Bodhisattva Sila. Saya juga berniat sendirian ke Gunung Wutai dan tinggal di gubuk, mungkin bermanfaat bagi kelahiran ke Alam Sukhavati, apakah pemikiranku ini benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Pemikiranmu tidak salah. Tinggal di gunung melatih diri, sebaiknya bersama praktisi lainnya adalah yang paling aman. Jika dapat mencari sahabat melatih diri sekitar empat orang bersama-sama melatih diri, maka ini adalah Sangha. Organisasi kecil ini boleh mengandalkan “Enam prinsip keharmonisan dalam Sangha” dalam melatih diri bersama-sama, pasti mendapat perlindungan dari para Buddha, Dewa Naga makhluk halus bajik pelindung Dharma.

Saya telah belajar Ajaran Buddha selama 50 tahun, berceramah selama 43 tahun, sepanjang tahun tidak pernah melihat adanya Sangha, juga tidak pernah mendengarnya. Karena satu orang satu pemikiran, suami istri saja bisa bertengkar, jika menghendaki empat orang tinggal bersama dengan harmonis, sulit dijumpai, kalangan Buddhisme menyebutnya empat orang, orang Tiongkok menyebutnya tiga orang, “Tiga insan sehati, maka akan menjadi kekuatan besar“, barulah diketahui betapa sulitnya enam keharmonisan itu!

Andaikata di dunia ini muncul sebuah organisasi Sangha, bencana di seluruh dunia akan berkurang, tereliminasi, Buddha akan melindungi dunia ini, bahkan orang yang berbuat jahat juga akan turut memperoleh manfaat, maka dunia ini juga takkan mengalami kemusnahan.

Namun ini adalah hal yang sulit, sulitnya di mana? Setiap orang tidak sudi melepaskan pikiran “keakuan”, asalkan ada “aku” maka tidak bisa kerjasama, maka tidak bisa sehati dalam menjalankan kebajikan yang sama.

Di dalam Sutra Intan tertera : “Andaikata Bodhisattva memiliki anggapan bahwa adanya aku yang menyelamatkan para makhluk, dan adanya makhluk lain yang diselamatkannya, maka ini bukanlah Bodhisattva. Hanya Bodhisattva yang dapat mengamalkan enam keharmonisan, karena Bodhisattva tidak memiliki keakuan. Jika ada keakuan maka hati tidak bisa suci, tidak bisa seimbang.

Maka itu, Sangha yang benar-benar mengamalkan enam keharmonisan, tingkat terendah dari Aliran Theravada adalah tingkat kesucian pertama yakni Srotapanna dan pada Aliran Mahayana adalah Bodhisattva tingkat pertama. Dia dapat melepaskan pandangan bahwa tubuh ini adalah aku, barulah dapat mencapai keharmonisan baik dalam pandangan maupun pemahaman. Andaikata masih menganggap bahwa tubuh ini adalah aku, bagaimana bisa harmonis? Inilah kesulitannya.

Tiga atau empat orang melatih diri bersama-sama dengan mengamalkan “Enam prinsip keharmonisan dalam Sangha”, melepaskan pandangan sendiri, menaati ajaran Buddha Sakyamuni, dengan demikian melafal Amituofo pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu mengapa di dalam ruang kebaktian melafal Amituofo harus diadakan kegiatan 24 jam melafal Amituofo? Karena jika tidak melafal Amituofo maka khayalan pun bermunculan. Siang malam nama Buddha tidak terputus, ingin berkhayal juga tidak punya waktu luang, dengan cara ini memaksakan diri untuk menjalankan enam keharmonisan.

Di dalam vihara banyak orang tinggal bersama, jika tidak tekun melatih diri, asalkan ada waktu untuk berpikir sembarangan, asalkan ada celah waktu pasti melakukan karma buruk. Jika dia tidak berkhayal, tidak menciptakan karma buruk maka dia adalah orang suci, jelmaan Buddha atau Bodhisattva, bukan orang awam. Di dalam Sutra Ksitigarbha tercantum bahwa “Makhluk di Jambudvipa (dunia ini), timbul niat pikiran tiada yang bukan merupakan dosa”. 



問:我學佛五年,常聽您的光盤,也皈依三寶。但受到家人種種阻擾,所以我更加精進,並在三年前受了菩薩戒。我總想一人去五台山住茅蓬,對往生可能更有利,請問我的想法是否正確?

答:你的想法沒有錯。住在山上修行,「依眾靠眾」是最安全的。真正找到志同道合的四個人一起共修,就是一個僧團。這個團體能依「六和敬」修學,一定得諸佛護念,龍天善神守護。

我學佛五十年,講經四十三年,這一生沒有見到僧團,也沒有聽說過。因為一個人一個心,一個人一個想法,夫妻兩個人還吵架,要四個人在一起和睦相處,真的不容易!佛家講四個人,中國人講三個人,「三人同心,其利斷金」,這才曉得六和敬多難!假如這個世界出現一個僧團,全世界的災難都會減弱、化解,佛會保佑這個世界,連做壞事的人也沾光,世界就不會毀滅。

但是真難,難在哪裡?每一個人都不肯放棄「我」這個念頭,只要有「我」就不能合作,就不能同心同德。《金剛經》云:「若菩薩有我相、人相、眾生相、壽者相,即非菩薩。」只有菩薩才能修六和敬,因為菩薩無我。有我,心就絕對不會清淨、不會平等。因此,真正修六和敬的僧團,最低的程度,在小乘是初果須陀洹,在大乘是初信位的菩薩。他能把身見放下,不再執著身是我,才能見和同解。還把這個身當作我,怎麼能合得來?這是真正難處之所在。

三、四個同修能守住「六和敬」,念念放棄自己的成見,遵守釋迦牟尼佛的教誨,這樣念佛肯定能往生。所以,念佛堂何以要二十四小時念佛?因為不念佛就打妄想。教你一天到晚佛號不中斷,想打妄想也沒時間,用這個方法勉強做到六和敬。道場大眾相處,如果不是用功辦道,只要有時間就胡思亂想,只要有時間決定造罪業。如果他不打妄想、不造罪業,他是聖人,是佛菩薩再來,不是凡夫。《地藏菩薩本願經》說得好,「閻浮提眾生,起心動念無不是罪」。

  我們把聖人的標準降到最低限度,決定是初果須陀洹和大乘的初信位菩薩。為什麼?三界八十八品見惑斷盡了。只要八十八品見惑沒斷,像我們確實一品都沒斷,怎麼會不打妄想,怎麼會不造罪業?所以,人貴自知,知道自己不行才會發憤用功。如果誤以為自己已經成功了,就不會再進步。21-090-0080