Kamis, 12 Desember 2013

Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika 09



Sebagian masyarakat Tiongkok mengetahui apa yang disebut dengan “ajaran hitam”, ini adalah ajaran Tibet kuno, yang serupa dengan ajaran Tao yang berkembang di dataran Tiongkok, maka itu tidak bisa dikategorikan sebagai Ajaran Buddha.

Jangan lagi bertrisarana pada guru atau kalyanamitra yang sesat! Dan lagipula kalimat “Aku berlindung pada Buddha”, ini artinya tidak boleh berlindung pada sosok lainnya. Dan berlindung pada Dharma, artinya tidak boleh mempelajari kitab suci aliran luar. “Aku berlindung pada Sangha”, ini artinya selamanya takkan berlindung pada para praktisi dari aliran luar dan sesat, ini berarti, karena kita telah mengambil trisarana, maka harus mempertahankan tiga perlindungan ini, demikian juga jika telah mengambil sila maka harus mempertahankannya dan tidak boleh melanggarnya, kita harus jelas akan sila ini dan melindunginya. Jika terjadi pelanggaran sila maka harus segera bertobat dan menyesalinya, semakin cepat semakin baik, yang paling baik adalah langsung pada hari itu juga. Anda boleh bertobat di hadapan Buddha, tidak perlu bilang ke orang lain, tetapi anda harus bertekad memperbaiki diri dari dalam hati, sila haruslah dipertahankan!

Belajar Ajaran Buddha harus dari luar ke dalam, oleh karena kita telah melangkah masuk ke pintu Ajaran Buddha, maka garis pembatas ini harus kita garis dengan jelas. Ini adalah yang paling dasar, disebut makna yang paling dasar dari seorang siswa Buddha.   


Dikutip dari ceramah Upasaka Huang Nianzu
Judul : Pokok Bahasan Selama Kunjungan ke Amerika



 中國人有好些知道的,所謂“黑教”他本來就是西藏原始的地區教,就等於咱們當時的這土生土長的道教一樣的,所以根本不是佛教嗎。

不能再皈依邪惡知識呀!再有,這個“自皈依佛”,就是不能再皈依其他的像穆罕默德、耶穌……等等其他教主了。而“自皈依法”,就是不能再皈依外道典籍,外道典籍就不能皈依了,尤其是專門去研究外道的著作。“自皈依僧”,就是永遠不皈依外道邪眾,這就是說,我們既然受了三皈依,就應當堅持三皈依,受了戒就應當堅持戒。戒不受則已,受了就不能犯,我們必須要好好地把這個戒的本身弄清楚,要自己護持。犯戒是難免的,要很快地懺悔,越快越好,頂好是不出當天。你就在佛前,你真切地懺悔,你也不用告訴人,你要自己從內心的悔改。這個戒要護持呀!

我們既然學了佛,看見這種情況,就首先要從不信而信,從外而內。但是我們既然進了佛教之門,我們對於這個界線要把它劃清楚。這是我們最基本的,稱為佛教徒最根本的意義。

摘自:訪美雜談
 黃念祖老居士主講