Minggu, 16 Februari 2014

Tanya Jawab 81



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas tercantum bahwa : “Jika timbul keinginan makan maka patra dan perlengkapan makan dari tujuh mustika akan muncul dengan sendirinya. Ratusan jenis makanan dan minuman dengan sendirinya akan terisi penuh. Walaupun makanan dan minuman ini tampaknya ada tetapi tidak disantap. Namun dengan melihat bentuknya dan mencium wanginya berarti sudah menyantapnya dengan pikiran”.

Saya ingin bertanya kata “jika timbul keinginan”, bukankah ini berarti muncul niat pikiran? Andaikata niat pikiran juga bisa tergerak, bukankah dengan demikian lima nafsu keinginan dan tabiat orang awam lainnya juga bisa ikut muncul?


Master Chin Kung Menjawab :

Kondisi ini hanya muncul pada praktisi yang baru terlahir ke Alam Sukhavati, karena baru sampai di Alam Sukhavati, dia masih memiliki tabiat demikian, begitu tabiatnya timbul, maka kondisi pun ikut muncul. Maka itu, di Alam Sukhavati segalanya muncul menuruti kehendak penghuninya, apa yang biasanya disebut “segalanya terwujud sesuai keinginan”. 

Ini adalah makanan, sedangkan hal lainnya seperti keinginan untuk kaya, rupa, ketenaran, keuntungan dan berbagai pikiran khayal lainnya, apakah juga bisa muncul? Mungkin saja bisa, tetapi apakah setelah muncul dia memiliki kesempatan berbuat jahat? Dia takkan melakukan karma buruk. Mengapa demikian? Karena begitu niat buruk muncul, dia segera menyadarinya, sehingga kondisi batin ini segera lenyap. Maka itu di Alam Sukhavati untuk melenyapkan noda pikiran dan tabiat itu sangat cepat, alasannya ada di sini.

Di Alam Sukhavati, kita berada bersama dengan para insan berkebajikan tertinggi. Master Lian Chi dan Master Ou Yi menjelaskan pada kita apa yang dimaksud dengan berkebajikan tertinggiyakni para Bodhisattva Tertinggi (yang akan segera mencapai KeBuddhaan), seperti Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Mahasthamaprapta, Bodhisattva Manjusri, Bodhisattva Samantabhadra, Mereka akan senantiasa berada di sekelilingmu, tak peduli niat pikiran khayal apapun yang muncul dari dirimu, Mereka tetap memiliki cara untuk membantumu. Maka itu kondisi lingkungan melatih diri di Alam Sukhavati sangat bagus, dimana seluruh Alam Buddha tidak ada yang sebanding dengannya.

Kita masih memiliki keraguan, haruslah jelas bahwa “keraguan” adalah rintangan terbesar bagi pelatihan diri Bodhisattva. Kita tidak boleh ada sedikitpun keraguan terhadap Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha dan para Maha Bodhisattva ini, ini akan sangat membantu kemajuan batin kita. Maka itu bila ada keraguan harus bertanya, harus memutuskan keraguan barulah keyakinan bisa berkembang.    
 



問:《無壽經》云:『欲食時。七寶缽器。自然在前。百味飲食。自然盈滿。雖有此食。實無食者。但色聞香。以意為食。『請問』欲』是動嗎?真有起心動,五欲的其他四欲亦會起現嗎?

答:這是屬於初往生的人,到達極樂世界時間不久,他還有這個習氣,習氣一現行,境界就現前。由此可知,西方極樂世界無不是隨心所欲,所謂是「心想事成」。這是食,其餘的還有財色名利種種欲望,會不會現前?可能會現前。現前會不會造業?不會造業。為什麼?一現前,立刻就知道了,就覺悟了,所以見色聞香的境界就消失了。因此,在西方極樂世界斷煩惱、斷習氣快,原因在此。

在西方極樂世界,所接觸的都是諸上善人俱會一處。蓮池大師與蕅益大師為我們解釋「上善」,是指等覺菩薩,如觀音菩薩、勢至菩薩、文殊菩薩、普賢菩薩,他們環繞在你的周圍,不管你起什麼妄想,他們都有方法幫助你。所以,西方極樂世界的修行環境好,那是一切諸佛世界都不能相比的。

我們修學有疑惑,一定要清楚,因為「疑」是菩薩修行最大的障礙。我們對於世尊、彌陀及這些諸大菩薩決定沒有疑惑,對於我們的道業就有很大的幫助。所以,有疑要問,要斷疑生信。21-90-67