Kamis, 02 Januari 2014

Tanya Jawab 48



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Walaupun saya tahu bahwa segala yang muncul pasti akan lenyap, tetapi  ketika menghadapi ayahbunda yang akan meninggal dunia, bagaimana caranya agar saya dapat mengendalikan diri dan tidak terlalu bersedih hati?

Master Chin Kung Menjawab :

Masalah ini telah dijelaskan oleh Master Yin Guang dalam buah penanya yang berjudul “Wen Chao”. Jalinan kasih kita dengan ayahbunda amat tebal, setelah belajar Ajaran Buddha barulah mengerti kebenaran untuk mengakhiri tumimbal lahir dan memahami bahwa dengan terlahir di Alam Sukhavati barulah ada kehidupan yang tanpa batas.

Maka itu anda harus menggunakan Buddha Dharma untuk menasehati ayahbunda, sehingga ayahbunda juga dapat turut melatih diri, kelak bersama-sama lahir ke Alam Sukhavati. Ayahbunda berangkat dulu, kelak kita akan menyusul, ini adalah hal yang bagus, dengan demikian hatimu baru akan terbuka.

Lagipula masih bisa mengadakan janji dengan ayahbunda, agar kelak ketika ajal menjelang, ayahbunda ikut serta dengan Buddha Amitabha datang menjemput dirimu.

Bahkan teman-teman praktisi anda yang telah terlebih dulu terlahir ke Alam Sukhavati juga akan mengikuti Buddha Amitabha datang menjemput, ini bukan khayalan, tetapi pasti bisa dimungkinkan.

Maka itu janganlah bersedih hati, karena bila anda bersedih, maka almarhum ayahbundamu juga akan turut bersedih hati. Mereka pasti akan berharap agar anda giat melatih diri dan meraih keberhasilan dalam pelatihan diri, sehingga kelak juga terlahir ke Alam Sukhavati.

 


問:我雖知緣生緣滅大概的道,但要和父母親生死分的時候,請問如何控制自己傷心?

答:這個問題,印光大師在《文鈔》裡面講得很透徹。我們跟父母的恩情特別厚,學佛之後,才明瞭超越輪迴的道理,明瞭往生淨土真正得永生的道理。所以,你應當用佛法勸導父母,讓父母依照佛法修學,我們將來同生極樂國。父母先去,我們後去,同到一個目的地,這是好事情,你的心情自然就開展了。而且還可以跟父母約好,將來自己往生的時候,父母跟阿彌陀佛一起來迎接你。生到極樂世界,你的同參道友先走的,也都會跟阿彌陀佛一起來接引,這不是妄想,確實是可能的。所以,不要傷心,因為你傷心,過世的父母也會傷心。他一定會希望你用功,希望你在道業上有成就,將來得生淨土。21-90-55