Selasa, 10 Desember 2013

Tanya Jawab 16



       Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Sebagai umat Buddha, apa yang harus diperhatikan oleh baik orang yang telah menikah maupun calon pengantin?

Master Chin Kung Menjawab :

Orang yang telah menikah atau yang sedang mempersiapkan pernikahan, seharusnya lebih banyak belajar dari senior mereka yang lebih berpengalaman, senior akan memberi bimbingan padamu.

Sebelum menikah tentu harus memahami kenyataan hidup yang akan dijalani, bukan saja saling memahami antara kedua belah pihak mempelai, tetapi kondisi keluarga masing-masing mempelai juga harus dipahami dengan baik. Jika keluarga itu memiliki tiga generasi di atas yang memupuk kebajikan dan budi pekerti, maka keturunannya pasti memiliki berkah, karena leluhur memupuk kebajikan, generasi selanjutnya pasti akan memiliki kekayaan berlimpah.

Selanjutnya, suami istri hendaknya memiliki tujuan yang sama dan giat menwujudkannya, tidak boleh mengutamakan perasaan untuk menyelesaikan masalah. Perasaan adalah sesuatu yang begitu lemah, tidak mampu bertahan terhadap cobaan, angka perceraian yang terjadi pada masyarakat kini, dikarenakan tidak mempertimbangkan faktor-faktor ini terlebih dulu.

Umat Buddha sebaiknya mencari pasangan yang juga beragama Buddha, contohnya vihara kita melatih Ajaran Sukhavati, tujuannya adalah melatih kesucian hati, andaikata dua pihak saling melatih kesucian hati, pintu Dharma yang sama, tujuan yang hendak dicapai juga sama, dapat memiliki teman seDharma adalah yang paling bagus. Umat Buddha harus senantiasa memelihara hati yang suci, tubuh jadi ringan dan leluasa, pikiran yang suci barulah kebijaksanaan terbuka, dan mampu menyelesaikan masalah.

Suami istri harus menjadi pelopor bagi terciptanya masa depan yang sempurna, harus sehati dan satu kebajikan, teman satu tujuan. Perpaduan ini didasarkan pada kesusilaan, perasaan cinta hanyalah sebuah perantara, dibelakangnya harus ada kesusilaan barulah sempurna, jika tata susila diabaikan, maka pernikahan ini takkan langgeng.




問:已婚和準備結婚之人,請問學佛應注意哪些方面?

答:已婚或準備結婚之人,應該多向年長者請教,長輩會把以往的經驗、教訓教導你。結婚,首先要了解事實狀況,不但是男女雙方彼此了解,雙方的家庭狀況也必需了解。若家庭三代以上都修善積德,其兒女必定有福,祖宗積德,後代必能發達。再者,夫妻要有共同努力的目標,決不能感情用事。感情是非常脆弱的,禁不起考驗,現在的社會離婚率這麼高,就是沒有考慮這麼多的因素。

學佛之人,找對象一定也是學佛人,譬如我們的道場是修淨土,目標就是修清淨心,兩人都修清淨心,法門相同、目標也相同,志同道合這樣最好。學佛人必須懂得時常保持心地清淨、身體輕鬆,身心清淨才有智慧,方能解決問題。

夫妻要創造美滿的前途,一定是同心同德、志趣相投。這種結合是道義不是感情,感情是媒介,後面一定要有道義才能美滿;疏忽了道義,只是曇花一現,婚姻不能長久。21-90-45