Sabtu, 05 April 2014

Melafal Amituofo 30



Tanya Jawab Seputar Melafal Amituofo 30

Pertanyaan :

Praktisi Aliran Sukhavati melafal Amituofo, ada yang cepat, lambat, empat kata, enam kata, berjalan, duduk dan sebagainya, masihkah ada perbedaan sesat dan benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Masih ada. Ukuran sesat dan benar terletak pada ajaran sutra, ini harus diingat praktisi sekalian bahwa jika mengikuti ajaran yang tercantum dalam sutra, maka ini adalah benar, yang bertentangan dengan ajaran sutra adalah sesat.

Hal ini seperti yang tertera dalam “Empat Andalan Dharma”, yakni “mengandalkan Dharma dan bukan pada orangnya”. Jika mengandalkan orang dan bukan mengandalkan Dharma maka ini bisa menyimpang ke jalan sesat, kita tidak mengandalkan orang, tetapi kita mengandalkan Dharma, maka ini pasti benar.

Mengandalkan satu judul sutra, sepanjang hidup jangan berubah. Sejak jaman dulu hingga sekarang, para guru sesepuh dan para praktisi senior juga sepanjang hidup mereka menfokuskan diri menceramahkan “Sutra Usia Tanpa Batas”, menceramahkan Amitabha Sutra, ini bagus! Setelah berceramah dalam kurun waktu yang panjang, maka mereka jadi menguasainya, setiap niat pikiran yang muncul adalah Alam Sukhavati, juga sudah akrab dengan kondisi Alam Sukhavati. mana mungkin takkan terlahir ke Alam Sukhavati! Pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Mengenai melafal Amituofo, empat kata juga boleh, enam kata juga bagus, semuanya bagus, jadi tidak ada yang pasti, asalkan setelah melafalnya membuat kita jadi bersukacita, ini sangat penting, jangan setelah melafalnya jadi risau. Setelah melafalnya jadi merasa nyaman, berjalan juga boleh, duduk juga boleh, berdiri juga boleh.

Master Yin Guang memberitahukan kita, ketika berbaring di tempat tidur juga harus melafal Amituofo, tetapi tidak mengeluarkan suara, karena saat berbaring jika bersuara akan merusak saluran pernafasan, juga tidak hormat. Kapan saja dan dimana saja juga harus melafal Amituofo. Saat tidak leluasa seperti di toilet, lafalan Amituofo juga tidak berhenti, jangan mengeluarkan suara, karena dengan bersuara tidak memiliki rasa hormat.

Setelah memahami prinsip ini, anda akan menyadari bahwa melafal Amituofo adalah pintu Dharma yang paling praktis. Tidak ada peraturan yang tetap, segala waktu dan ruang, asalkan ada ketulusan melafalnya sudah boleh, maka akan ada mujizatnya.




問: 修淨土念佛,有快、慢、四字、六字、走著、坐著等等,請問有沒有邪正之分?

答:有邪正之分。邪正的標準是經教,這個諸位一定要記住,依經教就是正,違背經教就是邪。這是四依法講的「依法不依人」。依人不依法恐怕就會走邪路,我們不依人,我們依法,就絕對正確。依一部經典,一生都不要改變。古來有許多祖師大德一生專講《無量壽經》,專講《阿彌陀經》,這個好!講久了,他就熟了,西方境界都熟了,起心動念都是西方極樂世界,哪有不往生的道理!決定得生。

  至於念佛,四字也好,六字也好,都好,這個沒有一定,只要念得自己歡喜,這個很重要,不要生煩惱。念得自己很舒暢,走著也行,坐著也行,站著也行。印祖告訴我們,睡在床上還是要念佛,但不要出聲,臥時出聲會傷氣,也不恭敬。一切時、一切處要念佛。不方便的時候,即使在洗手間裡面,佛號也不能斷,不要出聲,出聲不恭敬。你懂得這個原則,你就曉得念佛是最方便的法門。沒有一定的儀規,一切時、一切處,誠誠懇懇去念就好,就會有感應。21-246-0001