Selasa, 22 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 20



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 20

Pertanyaan :

Guru, anda selalu menasehati kami agar berdana sampai tuntas dan bersih, namun bagi bujangan seperti kami, apakah boleh mendanakan seluruh dana yang sudah dipersiapkan untuk menjalani pensiun? Setelah usia lanjut, jika tidak ada pemasukan dan tabungan, bagaimana nasib kami kelak?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika ingin meneladani Bodhisattva berdana, terhadap Buddha Dharma harus memiliki pemahaman dan pengkajian yang amat mendalam, barulah dapat melakukannya. Dan bukanlah bila Bodhisattva dapat melakukannya maka saya juga harus bisa melakukannya, pada akhirnya kerisauan pun muncul. Anda boleh menempatkan dana pensiun ke dalam tabungan, mendanakan 1/10 dari jumlah tersebut, dengan cara demikian sudah cukup bagus.

Berdana hingga tuntas dan bersih maksudnya adalah di hati, di dalam hati tiada kemelekatan sama sekali. Jika sudah benar-benar memasuki kondisi batin KeBuddhaan, maka dapat melepaskan kemelekatan secara keseluruhan, hingga biaya kesehatan juga bisa didanakan, maka selamanya takkan sakit lagi.

Contohnya ketika Buddha Sakyamuni berusia lanjut, banyak orang yang menjagaNya, keperluan hidup juga tidak kekurangan, Kenyataannya, semakin banyak anda berdana maka semakin banyak orang yang akan menjagamu, semakin banyak orang yang anda bantu, maka semakin banyak pula orang yang akan membantumu.

Jika tidak memahami kebenaran dari Hukum Karma, jika sambil berdana sambil curiga, maka kekotoran batin akan semakin bertambah. Tetapi keyakinan ini juga sulit dibangkitkan, maka itu perbanyak membaca sutra, terhadap ajaran sutra memiliki keyakinan, terhadap guru juga timbul kepercayaan.


問:師父常勸我們要布施得乾乾淨淨,但對於一個單身的在家居士而言,可以把自己未來所準備的退休金全部布施出去嗎?等年紀大了,沒有收入及積蓄時怎麼辦?

答:真正要學菩薩布施,對於佛法的理論一定要有很深刻的研究和理解,才能做得到。而不是菩薩這樣做,我也照樣去做,結果煩惱就來了。你可以把養老、治病的錢儲蓄起來,只布施其中的十分之一,用這個方法就行了。

  布施得乾乾淨淨是講心,心中一點都不執著。真正入佛境界,就可以完全捨棄,連醫藥費都捨了,永遠不會生病。例如釋迦牟尼佛年老的時候,許多人侍候他、照顧他,生活所需無絲毫缺乏。事實上,你布施的愈多,照顧你的人愈多,你幫助別人愈多,你就會得到愈多人的幫助。若是不明白因果報應的理論,一面布施一面又懷疑,煩惱就會增加。但是這個信心不容易建立,要多讀經,對經典生起信心,對老師有信心。21-275-0001