Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 51



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 51

Pertanyaan :

Saya bervegetarian dan membaca Sutra Usia Tanpa Batas, melafal Amituofo sudah beberapa tahun, mengamalkan apa yang tercantum di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, hasilnya apa yang kumohon pasti terkabul, banyak mujizat yang tak terbayangkan, contohnya waktu membaca Sutra Usia Tanpa Batas akan muncul semerbak keharuman; waktu melafal Amituofo dan mengantuk, ada seberkas cahaya terang yang menyinariku sehingga saya kembali berkonsentrasi dan melanjutkan melafal Amituofo, selalu saja muncul fenomena ini, terimakasih atas wejangan guru.

Master Chin Kung Menjawab :

Sebagian praktisi pemula yang ketrampilan melatih dirinya mengalami kemajuan akan ada muncul mujizat, tetapi jangan merasa senang, jika anda merasa gembira maka akan kerasukan Mara.

Mujizat hanyalah hal biasa saja, melihat cahaya terang, mencium keharuman, semerbak ini adalah keharuman yang belum pernah anda temukan sepanjang hidup, fenomena ini sudah berapa kali kami temukan semasa masih menjadi praktisi pemula waktu dulu. Ini adalah ketika kita sedang membaca sutra, melafal Amituofo, melakukan namaskara, atau sedang berdiskusi Dharma, kebetulan ada Dewa yang lewat, melihat kita sedang berdiskusi Dharma murni, lalu bersikap hormat pada dirimu, dia akan beranjali dan memuji, maka akan berhenti sejenak di tempat itu, sehingga meninggalkan jejak keharumannya di tempat tersebut.

Jadi ini adalah hal yang biasa saja, ada atau tidak, janganlah taruh di hati. Ada banyak praktisi yang bilang bahwa pada masa dulu mereka memiliki banyak pengalaman sedemikian, tetapi sekarang malah tidak ada sama sekali, apakah ini berarti mereka mengalami kemunduran? Belum tentu, justru jika sering muncul fenomena begitu, tentu tidak baik. Jika sering muncul berarti itu adalah Mara, jika sesekali, masih benar, tidak boleh sering ada.



問:弟子吃素、讀《無量壽經》、念佛有幾年了,照《無量壽經》內容及講記真實去做,真是有求必應,不可思議的事情很多,如念《無量壽經》的時候有一陣陣的香味;念佛中想睡的時候,有一陣光照又再繼續念,不斷都是這樣,感謝老法師指示。

答:大概一般初學的人功夫得力了都有感應,但是不要生歡喜心,生歡喜心你就著魔了。這個感應是正常的,見到光,聞到異香,這個香是你一生從來沒有聞過的,這種情形我們初學佛的時候都有過多次。這個是當我們讀經、念佛、拜佛,或者是討論佛法的時候,正好有天人從這裡經過,看到你們討論正道,對你起恭敬心,他會合掌讚歎,在這裡停一下,就留下了他身上的異香。所以這是常有的事情,有與沒有都不要放在心上。有很多人說我從前很多,現在都沒有了,是不是退心了?那倒不一定,如果這個事情常常有就不好,常常有就是魔,偶爾有是正確的,不能常有。21-268-0001