Rabu, 04 Desember 2013

Tanya Jawab 03



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Menurut kalangan Buddhisme bahwa “rupa berubah menuruti perubahan hati”, anda sendiri pernah berkata bahwa dengan melihat perubahan wajah sendiri dapat melihat prestasi pelatihan diri yang telah dicapai. Saya ingin bertanya apakah praktisi yang buruk rupa, tandanya ketrampilan pelatihan dirinya masih rendah?


Master Chin Kung Menjawab :


Belum tentu, karena wajah seseorang erat hubungannya dengan berkah yang dipupuknya pada kelahiran lampaunya. Sebelum usia 40 tahun, bagus buruknya rupa yang dimiliki ditentukan oleh kelahiran masa lampau, ini adalah pahala yang diperoleh dari kelahiran masa lampau; Setelah berusia diatas 40 tahun, bagus buruknya rupa yang dimiliki seseorang adalah tanggungjawab sendiri. Apa alasannya? Sejak lahir ke dunia ini, selama kisaran 40 tahun ini, segala niat pikiran yang timbul, baik itu adalah pikiran baik atau jahat, akan mempengaruhi wajah anda.   

Maka itu kadang kala kita melihat ada orang yang pada masa mudanya kelihatan rupawan, menjelang tua belum tentu masih berparas cantik. Wajah dapat berubah-ubah, cantik atau jelek, tergantung pada pikiran dan tindakan kita. (niat pikiran dan tindakan keseharian) ada hubungannya dengan sebab akibat.

Buddha berkata bahwa seorang Bodhisattva dalam melatih diri mencapai KeBuddhaan, khusus menggunakan waktu selama seratus kalpa untuk menfokuskan diri melatih 32 tanda utama dan 80 tanda sekunder Buddha.  32 tanda utama dan 80 tanda sekunder Buddha adalah benih kebajikan yang akan membuahkan kebajikan pula.

Mengapa  Buddha harus menggunakan waktu yang demikian panjang untuk melatih rupa nan bagus? Ini adalah sebuah penampilan, untuk dipertunjukkan kepada kita.  Setiap makhluk berharap agar dirinya dapat memiliki rupa rupawan, dan tubuh yang sehat, maka Buddha akan muncul dengan kriteria sedemikian. Sebagus apa rupa yang dimiliki tergantung pada sebagaimana pelatihan diri yang diamalkan; bila anda dapat menanam benih sedemikian maka begitu pula buah yang akan anda peroleh.




問:佛家說「相隨心轉」,法師說我們可以依自己的相貌來對照修行功夫。請問是否相貌較差的修行人,修行功夫也比較差?

答:不一定,因為人的相貌與前生所修的福報有關。四十歲之前,相貌好壞是前生注定的,這是過去生中的福報;四十歲以後,相貌好壞自己要負責任。這句話是何道理?從出生後,這四十年,心行的善惡決定影響你的相貌。所以,年輕時相貌很好,晚年之後相貌未必就好。相貌會變,變好還是變壞,與自己的心行(起心動念、生活行為)有決定的因果關係。

佛說菩薩修行作佛,特別用一百劫的時間專門修三十二相八十種好。三十二相八十種好是善因得的善果。佛為何用這麼長的時間來修相好?這是一種示現,表演給我們看的。眾生都希望自己相貌好、身體好,佛就做這些示現,什麼樣的相貌是由什麼樣的業因修成的;你能修這個因,就一定得好果報。21-90-40