Jumat, 03 Januari 2014

Tanya Jawab 55



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Setelah seseorang meninggal dunia, sebaiknya tidak memindahkan atau menggerakkannya selama kurun waktu 12-14 jam, karena alaya-vijnana nya belum meninggalkan tubuh kasarnya. Hal ini dapat dilakukan jika almarhum meninggal dunia di rumah.

Tetapi kini di kota besar, ketika kondisi pasien telah kritis, pihak rumahsakit tetap akan mengadakan pertolongan, setelah meninggal dunia maka menurut peraturan rumahsakit jenazah harus segera dipindahkan.

Jika terlebih dulu membuat perjanjian dengan pihak rumahsakit agar dapat mengabulkan permohonan kami, sehingga kami dapat mengurus jenazah dengan sebaik mungkin, jika pihak rumahsakit tidak bersedia mengabulkan permohonan kami, apa yang harus dilakukan? 


Master Chin Kung Menjawab :

Sebaiknya ketika penyakit pasien sudah kritis maka segera bawa pulang ke rumah, atau coba diskusi dengan dokter, seperti Taipei Veterans General Hospital, National Taiwan University Hospital dan Chang Gung Memorial Hospital, di dalam ketiga rumahsakit ini ada cetya, para dokter dan susternya kebanyakan adalah pemeluk Ajaran Buddha, mereka memahami aturan ini, jadi lebih mudah bekerjasama.

 

Maka itu, jika pasien sudah mulai kritis maka berdiskusilah dengan dokter, jika rumahsakit mengijinkan maka ini sangat bagus, jika rumahsakit tidak setuju, maka harus mematuhi peraturan rumahsakit, dengan saling bertenggang rasa maka masalah akan mudah selesai.

 

Jika dokter telah menyerah dan tidak sanggup lagi mengobati pasien, maka segera bawa pulang. Sebaiknya jangan dilakukan pertolongan lagi, karena dengan memaksakan melakukan pertolongan hanya akan menambah penderitaan pasien, manfaat apapun tidak diperoleh. Maka itu jangan dilakukan pertolongan lagi, biarkan hatinya tenang, aman, bersukacita, agar  dia tidak merasakan kesakitan lagi, ini baru bagus.

  




問:人死後最好是十二小時到十四小時要移動,因為神識沒有開,亡者會有瞋恨心,亡者在家則可做到。但在現代城市,人病危時,醫院尚要搶救,死亡時,醫院依院規會隨即移動亡者。亡者去世前有所要求,而醫院能解和尊重,能做適當處則好,否則應如何處

答:最好在病危時就趕緊回家,或者跟醫院商量,像台灣的榮民總醫院、台大醫院,還有長庚醫院,醫院裡面都有佛堂,很多醫生、護士都是佛教徒,懂得這個道理,所以能合作。因此,在病重時就要與醫院溝通,醫院同意最好,若不同意,就要聽醫生的吩咐,所以情理法皆能互相融通就好辦了。醫生若放棄治療,就趕緊回家。最好不要搶救,搶救是增加病人的痛苦,絲毫利益都得不到。所以,決定不要搶救,讓他心地清淨、平安、歡喜,讓他感覺一點痛苦都沒有才好。21-90-73