Jumat, 04 April 2014

Melafal Amituofo 19



Tanya Jawab Seputar Melafal Amituofo 19

Pertanyaan :

Saya suka melafal Amituofo dengan cara bernyanyi, karena saya merasa lebih tenang dan bersukacita, apakah melafal Amituofo dengan cara demikian juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Master Chin Kung Menjawab :

Syarat terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah demikian sederhana, jika hanya menyanyikan lafalan Amituofo lalu bisa terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah salah penafsiran.

Melafal, bukanlah hanya di mulut saja, jika hanya melafal di mulut saja tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati. Maksud dari melafal adalah di hatimu benar-benar ada Buddha. Melafal Amituofo tidak harus di mulut, di mulut ada melafal atau tidak bukan masalah, yang penting di hati ada Buddha.

“Memikirkan dan mengingat Buddha, saat kini atau masa mendatang pasti akan bertemu Buddha”, bukan di mulut, mulut melafal Amituofo adalah untuk membangunkan Jiwa KeBuddhaan yang ada pada dirimu, hati harus senantiasa terpikir pada Buddha.

Bagaimana rupa Buddha? Rupa Buddha adalah seperti yang tercantum dalam sutra, maka itu harus membiasakan diri membaca sutra. Kami khusus memilih 48 tekad agung dari Sutra Usia Tanpa Batas. Amituofo adalah 48 tekad agung, 48 tekad agung adalah Amituofo. Kita selalu memikirkan Hati Buddha, Tekad Buddha adalah Hati Buddha, tekad sendiri adalah melafal Amituofo.

Meskipun anda tidak melafal Amituofo sama sekali, anda ingin terlahir ke Alam Sukhavati juga bisa terwujud. Jika di hati tidak ada Buddha, meskipun sehari melafal seratus ribu lafalan hingga tenggorokan pecah juga sia-sia!

Maka itu, hati harus serupa Hati Buddha, tekad harus serupa Tekad Buddha, tindakan harus serupa dengan Tindakan Buddha, pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Karena itu, dalam melafal Amituofo jangan ada salah tafsir. Asalkan di dalam hatimu ada Buddha, bagaimanapun anda menyanyikannya bukanlah masalah. 





問:我平常喜歡以唱的方式念佛,因為我覺得很清淨、很歡喜,請問這樣念佛可以往生嗎?

答:往生的條件不是這麼單純,如果只是唱著念佛就能往生,恐怕是錯會意思。「念」字,念不在口,口裡唱佛不能往生,念佛才能往生。「念」是今心,就是你現在心裡確實有佛。念佛不一定在口上,口上念不念沒有關係,心裡要真有佛才行。「憶佛念佛,現前當來必定見佛」,不是在口上,口上念是喚醒自己心裡面要有佛,心裡要常常想著佛。

  佛是什麼樣子?佛的樣子就是經上所講的,所以經典要念得很熟。我們專選《無量壽經》的四十八願,阿彌陀佛就是四十八願,四十八願就是阿彌陀佛。我們常常想著佛心、佛願,就把佛心、佛願變成自己的心、自己的願,這是念佛。即使你一聲佛號也沒有念,你想往生就能得生。心裡面沒有佛,就算一天念十萬聲佛號,喊破喉嚨也枉然!所以,心像佛心,願同佛願,行像佛行,肯定往生。因此,念佛的「念」字,不能錯會意思。只要你心裡有佛,你怎麼唱也行,這個沒有關係。21-090-0083