Selasa, 15 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 06



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 06

Pertanyaan :

Dibawah bimbingan Master Wu Dao, “Pureland Learning Society” di New York telah berdiri sejak tiga tahun yang lalu,  apakah kami boleh mengundang guru untuk datang ke New York untuk memberi Trisarana dan Lima Sila kepada umat Buddha di sana?

Master Chin Kung Menjawab :

Jika hanya untuk memberi Trisarana dan Lima Sila maka saya harus menempuh perjalanan ke sana, menurutku tidak perlu begitu. Untuk memberi Trisarana dan Lima Sila, semua anggota Sangha dapat melakukannya, jadi tidak usah melekat.

Yang paling penting, harus menjelaskan tentang Trisarana dan Lima Sila. Sejauh ini kami telah memiliki tiga atau empat judul kaset dan VCD ceramah mengenai Trisarana dan Lima Sila, boleh banyak mendengarnya. 

Harus jelas makna dari “Trisarana”, bagaimana menerima Trisarana dengan benar, setelah jelas barulah pergi mengikuti Upacara Trisarana. Apa yang disebut dengan “guru hanya menuntun masuk ke pintu, melatih diri tergantung pada diri masing-masing”, ini sangat penting, jangan melekat pada siapapun, semua anggota Sangha di hati kita mendapat kedudukan yang setara.




問:在悟道法師領導下,紐約淨宗學會成立三周年,請問可否恭請老法師到紐約為信徒們傳授三皈五戒?

答:如果單為傳授三皈五戒跑一趟紐約,我覺得沒有這個必要。傳授三皈五戒,這是任何一個出家人都可以做的,不要執著。最重要的,是要把三皈五戒講清楚。我們已經有三、四種三皈五戒的錄相帶及光碟,可以多聽。一定要懂得「三皈依」的意思,要如何皈依才如法,聽懂了再舉行儀式。所謂「師父領進門,修行在個人」,這一點很重要,不要執著某一個人,任何法師在我們心目中都是平等的。21-090-0067