Selasa, 29 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 26



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 26

Pertanyaan :

Bagaimana caranya membedakan sahabat melatih diri yang baik atau jahat? Andaikata guru itu sesat dan saya mendekatinya, namun saya masih melatih diri dengan benar, apakah ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Di dalam pembukaan “Sutra Ananda Bertanya Pada Buddha Tentang Baik Dan Buruk”, mengajarkan kita membedakan baik dan buruk. Jika seperti yang anda katakan mendekati guru sesat dan masih bisa melatih diri dengan benar, ini sudah bukan orang biasa lagi, orang begini kelak pasti akan memperoleh keberhasilan. Semoga memiliki jalinan jodoh sedemikian, sungguh bernilai!

Tetapi masalahnya jika hal ini bisa dilakukan, maka Buddha Sakyamuni buat apa mengajari kita untuk mendekati kalyanamitra? Andaikata mendekati sahabat jahat (papa-mitra) dan masih bisa melatih diri dengan benar, dalam bayangan kami, ini pasti adalah jelmaan Buddha atau Bodhisattva, tidak mungkin adalah orang awam, orang biasa tak mungkin sanggup melakukannya. Seperti kata pepatah, “Bergaul dengan yang baik akan jadi baik, bergaul dengan yang jahat akan jadi jahat”,  pasti akan terpengaruh.




問:請問如何判斷善知識與惡知識?若是邪師,而我親近卻能行正道,可行嗎?

答:《阿難問事佛吉凶經》一開端,就教給我們如何辨別善知識。親近邪師,自己能行正道,這也不是普通人,這樣的人將來決定有成就。這也是希有的因緣,難能可貴!但這種事情要是可行,釋迦牟尼佛又何必教我們親近善知識?親近惡知識能行正道,在我們想像當中,決定是佛菩薩化身來的,不可能是凡夫,凡夫做不到。凡夫確實是古大德講的,「近朱者赤,近墨者黑」,一定會受環境影響。21-090-0080