Kamis, 27 Maret 2014

Pelimpahan Jasa 05



Tanya Jawab Seputar Pelimpahan Jasa 05

Pertanyaan :

Mendirikan papan sembahyang leluhur di rumah, tiba waktunya Hari Cheng Beng, pertengahan bulan tujuh dan Dong Zhi, saat menyembahyangi leluhur, kami melafal “Sutra Usia Tanpa Batas” dan melafal Amituofo untuk memperingati leluhur, kemudian melimpahkan jasa kebajikan kepada mereka, semoga mereka terlepas dari penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, terlahir ke Alam Sukhavati.

Apakah dengan demikian leluhur dapat memperoleh manfaat yang sesungguhnya? Apakah mereka akan datang ke rumah menikmati persembahan makanan? Habis sembahyang apakah makanan persembahan boleh dikonsumsi? 

Master Chin Kung Menjawab :

Seberapa besar manfaat yang akan diperoleh leluhur tergantung berapa besar rasa hormat dari keluarga anda. Master Yin Guang berkata :  “Satu bagian rasa hormat akan memperoleh satu bagian manfaat, sepuluh bagian rasa hormat akan memperoleh sepuluh bagian manfaat”. Maka itu, semua ini tergantung pada ketulusan hati.

 Menyembahyangi leluhur memerlukan ketulusan hati. Tanpa ketulusan dia juga takkan datang. Selesai sembahyang, makanan persembahan tentu saja boleh dimakan sekeluarga, membangkitkan sukacita karena bisa berbagi bersama leluhur.



問:在家中設祖先牌位,逢清明、七月十五、冬至祭祖時,都念《無量壽經》和佛號來紀念祖先,迴向他們離苦得樂,往生淨土。請問祖先能得到真實利益嗎?他們會來家中應供嗎?祭祀後的食品,我們可以食用嗎?

答:他們得多少利益,視家裡的人心地有幾分誠敬。印光大師講:「一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益。」所以,這完全在自己的真誠心。

  祭祀是誠則靈,祭神如神在,真誠心就有感應。「不誠無物」,你們沒有真誠心,他就不會來。祭祀之後的食品,家人當然可以吃,還要生歡喜心與祖先共享。21-090-0083