Jumat, 11 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 20






Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 20

Pertanyaan :

Murid tidak mendambakan harta, rupa, nama dan makanan, tetapi setiap harinya masih menghabiskan banyak waktu untuk tidur, juga sulit berkonsentrasi. Setiap hari bekerja paruh waktu selama 4 jam, mengerjakan pekerjaan rumah juga tidak konsentrasi, menghabiskan banyak tenaga, selalu timbul kerisauan, panik, cemas, kondisi tubuh semakin menurun, apakah ini berhubungan dengan usiaku yang sudah mencapai 51 tahun?

Anda selalu mengatakan bahwa “segala sesuatu muncul dari pikiran”, meskipun saya tidak memikirkan usiaku yang semakin lanjut, membangkitkan niat untuk lebih meluangkan waktu mendengar ceramah anda, tetapi sungguh tak berdaya. Mohon bimbingannya bagaimana cara untuk mengatasinya dalam kehidupan keseharian ?

Master Chin Kung Menjawab :

Usia 51 tahun masih terhitung muda, tetapi anda semakin tidur semakin kebingungan! Tidur adalah ketidaksadaran, mana ada teori tidur kebanyakan semangat jadi bertambah? Tidak ada aturan begini.

Jika memang lelah maka boleh beristirahat, maka itu di dalam ruang kebaktian pelafalan Amituofo, baik di sini maupun di Pure Land Learning Society Australia, juga menggunakan cara ini, di kedua sisi ruang kebaktian pelafalan Amituofo terdapat dua kamar besar,  di dalamnya terhampar alas tidur tanpa sekat pemisah, satu kamar tidur di satu sisi adalah untuk umat pria dan satu kamar tidur di sisi lainnya adalah untuk umat wanita.

Setelah lelah melafal Amituofo, anda boleh beristirahat, tetapi jubahnya tidak dilepas, begitu bangun langsung kembali ke ruang kebaktian melafal Amituofo, cara ini bagus. Kami mengadaptasi cara ini dari ajaran para guru sesepuh dan para praktisi senior, kebaktian pelafalan Amituofo tidak perlu dipimpin anggota Sangha, dengan pradaksina sebagai aktivitas utama; setelah lelah boleh duduk bersila sambil melafal Amituofo, dengan harapan waktu duduk lebih sedikit, waktu untuk berpradaksina lebih panjang; jika memang sudah lelah, boleh ke kamar yang ada di sisi ruang kebaktian untuk beristirahat, selesai beristirahat segera kembali ke ruang kebaktian melafal Amituofo, 24 jam tidak terputus.

“Kegiatan melafal Amituofo selama 7 hari” yang kami adakan, adalah sepanjang 70 hari, 10 putaran “kegiatan melafal Amituofo selama 7 hari”, kami lakukan secara berkesinambungan, setahun empat kali, yakni pada musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin, setiap musim diadakan sekali, juga untuk memberi keleluasaan pada praktisi sekalian.

Praktisi yang ingin mengikuti kegiatan ini terlebih dulu harus mendaftarkan diri, karena tempat yang terbatas. Sebagian praktisi yang memohon visa untuk jalan-jalan ke Australia, biasanya Negara Australia akan memberikan waktu tiga bulan lamanya, makanya cocok sekali bila anda mengikuti 10 putaran “kegiatan melafal Amituofo selama 7 hari”, jadi 70 hari. Ini benar-benar melatih ketekunan di sana, 70 hari tidak bicara, bahkan telepon juga tidak dijawab, ini serupa dengan telah memutuskan hubungan dengan dunia luar. Keperluan hidup harian ada yang akan mengurusnya untukmu, sehingga anda dapat menenangkan diri, dengan menenangkan diri barulah akan muncul kebijaksanaan, dengan adanya kebijaksanaan maka akan ada pencerahan.

Panik, cemas, kondisi tubuh semakin menurun, ini adalah akibat kebanyakan tidur, jika ingin mengatasinya maka kurangilah tidur, cara yang paling efektif untuk mengatasi ngantuk adalah melakukan namaskara pada Buddha. Mulai dengan sehari 100 kali, pagi hari bangun lebih awal dan melakukan namaskara 50 kali, malamnya tidur agak larut dan melakukan namaskara 50 kali, perlahan menambah lagi jumlahnya.

Jika rasa ngantuknya sudah terlampau berat, anda harus memiliki semangat dan keteguhan hati, setiap hari melakukan namaskara 300 kali sampai 500 kali, saat saya masih menjadi praktisi pemula, sehari melakukan namaskara 800 kali, bisa mengeliminasi rintangan karma, pagi hari melakukan namaskara 300 kali, malam hari juga melakukan namaskara 300 kali, siang hari usai makan siang bernamaskara lagi 200 kali, sehari bernamaskara 800 kali.

Setelah melakukan namaskara ini sungguh terasa manfaatnya, namaskara adalah olahraga yang paling bagus, hati jadi suci, setiap bagian tubuh juga mendapat gerakan.



問: 弟子不貪愛財色名食,但每天總要花很多的時間睡覺,精神還不能集中。每天做四個小時兼職工作,做家務也很散亂、吃力,常生煩惱,緊張、憂慮,身體愈來愈差,不知是否跟年齡漸大有關係?現在五十一歲,老法師常說「一切法從心想生」,我雖然不去想自己年齡漸大,願意多用些時間聽老法師的課,但實在有心無力。請老法師指教應該怎麼從生活當中克服?

答:五十一歲還很年輕,但你是愈睡愈迷惑!睡覺是昏沈,哪有睡過了時候精神變好的?沒有這個道理。很累的時候可以休息,所以這個念佛堂,和澳洲淨宗學會的念佛堂都是這個方式,念佛堂旁邊有兩個大房間,裡面是通鋪,一邊是男眾用的,一邊是女眾用的。念累了你可以去休息,海青不脫,一醒過來趕緊上念佛堂,這個方法好。我們這個方式也是採取祖師大德的教誨,念佛堂不需要法師來帶,以繞佛為主;繞累了可以止靜坐下來,希望坐下來的時間少,繞佛的時間長;實在是疲倦了,可以到旁邊房間休息,休息好了趕緊再進念佛堂,二十四小時不中斷。

我們的佛七是七十天,十個佛七連著打,一年四次,就是春夏秋冬每一季都舉行一次,也為了便利同學。同學們到那邊去的時候要預先報名,因為名額有限制。一般申請到澳洲觀光旅遊,澳洲都會給你三個月,所以你參加一個佛七時間正好,七十天。這是真正在那裡用功,七十天不說話,連電話都不接,就等於是和外面完全斷絕。生活起居有人照顧你,心會靜下來,所以靜就能生慧,慧就有悟處。

  緊張、憂慮,身體愈來愈差,是睡多的毛病現前了,想克服就每天少睡一些,最有效的克服睡眠方法是拜佛。先從每天一百拜開始,早晨早點起來拜五十拜,晚上晚點睡拜五十拜,然後慢慢增加。如果嗜睡嚴重的話,你要真有毅力、決心,每天拜個三百拜到五百拜,我早年初學的時候,一天拜八百拜,能夠消業障,早晨拜三百拜,晚上拜三百拜,中午吃過飯之後拜兩百拜,一天拜八百拜。拜了之後很受用,拜佛是最好的運動,心清淨,身體每個部位都運動到。21-269-0001