Rabu, 04 Desember 2013

Tanya Jawab 02



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Shenzhen adalah kota yang maju perekonomiannya, banyak praktisi Aliran Tantra yang mengaku sebagai Buddha Hidup, Raja Dharma datang ke sini untuk mengumpulkan dana. Banyak praktisi Aliran Sukhavati yang tidak mengerti apa-apa kemudian mengikuti upacara Abhiseka, saya ingin bertanya apakah tindakan mereka ini benar?


Master Chin Kung Menjawab :


Setiap manusia memiliki jalinan jodoh yang berbeda, jadi bisa dimaklumi. Tetapi haruslah memahami apa makna dari Abhiseka, jangan dilihat dari penampilannya saja. Dari penampilannya, dengan sedikit percikan air di kepala maka dianggap telah tercerahkan, jika demikian rupanya buat apa kita belajar Buddha Dharma lagi, begitu susah payah! Buat apa Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma selama 49 tahun, bukankah lebih baik dengan cara memercikkan air di kepala saja. Jadi kita harus mengerti kebenaran ini.

Anda pergi menerima Abhiseka, maka dia akan memercikkan air ke kepala anda, apakah dengan demikian anda akan tercerahkan? Andaikata memang tercerahkan, berarti ada khasiatnya! Upasaka Huang Nianzu adalah seorang guru dalam Aliran Tantra (yang pada akhirnya menjadi praktisi Aliran Sukhavati), di dalam Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas karyanya sendiri, beliau menjelaskan bahwa Abhiseka artinya adalah menurunkan intisari Ajaran Buddha kepada dirimu. Bukan memercikkan air ke kepala anda. 

Setelah mengerti akan hal ini, maka setiap hari kita membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” ataupun “Amitabha Sutra” dari permulaan sampai selesai, maka Buddha Amitabha akan memberikan Abhiseka sekali, membaca dua kali maka akan menerima Abhiseka dua kali. Ini bukan Abhiseka yang diberikan oleh  Rinpoche atau Buddha Hidup Aliran Tantra, tetapi ini adalah Abhiseka yang langsung diberikan oleh Buddha Amitabha, para Buddha di sepuluh penjuru akan memberimu Abhiseka langsung. Maka itu haruslah mengerti kebenaran dari Ajaran Buddha, memahami cara melatih diri yang benar.

Setelah anda memahami kebenaran ini, ketika bertemu dengan rekan-rekan anda tersebut, juga sepatutnya menjelaskan kembali kepada mereka. Mengenai persoalan mereka mau dengar atau tidak, tergantung pada jalinan jodoh masing-masing.      

  
  



問:深圳是一個經濟比較發達的城市,有許多密宗的活佛、法王來此地化緣。許多淨宗同修去灌頂,請問這樣做對嗎?

答:這是各人的因緣不同,無可厚非。但是要了解灌頂真正的意義,不是形式上的。形式上,用一點水灑在頭上就開悟了,那我們何必學經教,學得這麼辛苦!釋迦牟尼佛又何必講經說法四十九年,每天拿著水灑就好了。要明白道理。

你去接受灌頂,他將水灑在你的頭上,你是不是真開悟?果然開悟,有效!黃念祖老居士是密宗的上師,他在《無量壽經》註解裡講得很清楚,「灌」是慈悲加持,「頂」是佛法裡最殊勝的第一法門;灌頂就是將佛法裡的精華傳授給你。不是拿水灑頭。

懂得這個道理,我們每天將《無量壽經》或《阿彌陀經》從頭到尾念一遍,就是阿彌陀佛給我們灌頂一次,念兩遍就灌頂兩次。那不是密宗的仁波切活佛給你灌頂,而是阿彌陀佛給你灌頂,十方諸佛如來給你灌頂。所以,一定要懂得佛法的道理,知道怎樣修學才是對的。

你明白就好,遇到這些親朋好友,也應該將這些道理說清楚。至於他去不去,各有因緣,不必障礙,這樣就好。21-90-07