Selasa, 08 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 07



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 07

Pertanyaan :

Begitu membaca buku sutra atau mendengar kaset ceramah langsung  mengantuk, bagaimana cara mengatasinya?

Master Chin Kung Menjawab :

Ketika membaca buku sutra, tidak mampu berkonsentrasi, maka jangan membacanya kelamaan, misalnya setengah jam saja, atau 20 menit saja, atau bahkan 15 menit saja, begini sudah cukup. Anda boleh membacanya satu bagian buku pada waktu pagi hari, satu bagian lagi pada sore hari, dan satu bagian lagi pada waktu malam hari, perlahan-lahan mulai memperpanjang waktu untuk membaca sutra.

Cara untuk menyaksikan video ceramah juga sama, maka dengan perlahan pikiranmu akan mampu berkonsentrasi, rintangan karma perlahan juga akan tereliminasi, kebijaksanaan pun jadi berkembang.

Jika sedang luang maka perbanyaklah melafal Amituofo, melakukan pradaksina. Ber-pradaksina adalah berjalan, tak peduli di mana saja, melafal Amituofo di dalam hati. Bodhisattva Mahasthamaprapta mengajari kita “mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, terhadap kondisi luar, belajar untuk tidak mempedulikannya.

Sewaktu melakukan pradaksina,  kita hanya memperhatikan jalan yang di depan kita, jangan pedulikan orang lain yang juga sedang berjalan dan keadaan di jalur kiri maupun jalur kanan anda, dengan demikian baru dapat memperoleh hasil dari upaya “mengendalikan enam landasan indria”, melafal Amituofo adalah cara yang paling unggul untuk mengeliminasi rintangan karma.




問:一看經書及錄相帶就想睡覺,請問該怎麼辦?

答:讀經書時,精神提不起來,就不要讀很長的時間,譬如讀半小時,讀二十分鐘,或者讀十五分鐘,這樣就行了。你可以早晨念一段,下午念一段,晚上再念一段,慢慢的把時間加長。看錄相帶也用這種方法。你的心就會慢慢的定下來,業障漸漸消除了,智慧就漸漸增長。

  沒事的時候,就多念佛、繞佛。繞佛就是散步,無論在什麼地方,心裡面就默念這句佛號。大勢至菩薩教給我們「都攝六根,淨念相繼」,對於外面的境界,學著不去理會它。在繞佛時,我們只注意前面的路,不要顧及路人及兩旁的狀況,這樣就能收到「都攝六根」的效果。念佛是消業障最殊勝的方法,這樣去做就好了。21-090-0088