Kamis, 27 Maret 2014

Pelimpahan Jasa 01



Tanya Jawab Seputar Pelimpahan Jasa 01

Pertanyaan :

Apakah perlu mendirikan papan sembahyang khusus untuk “musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampau”, dan mengundang Bodhisattva Ksitigarbha untuk menjadi saksi, barulah dapat menghapus jalinan permusuhan? Sepertinya di Singapura tidak ada tradisi seperti ini.

Master Chin Kung Menjawab :

Tidak mungkin bisa menghapusnya! Jika anda bermaksud menghilangkannya, maka dia juga ingin menghilangkan dirimu, perang pun bergejolak. Demikian juga Singapura, setiap tahun di “Jushilin Lay Buddhists Society” selalu diadakan upacara pelimpahan jasa, mereka yang menulis nama papan sembahyang untuk  “musuh kerabat penagih hutang” begitu ramai. Bhiksu pemimpin upacara ada yang berasal dari “kelas bimbingan” yang sudah trampil, mereka memahami aturan dan tata cara ini, juga dapat memberi ceramah kepada kalian semuanya, kemudian berpadu dengan kegiatan harian vihara yang penuh dengan ceramah dan pelafalan Amituofo, menyatu dengan jasa kebajikan yang terakumulasi ini, maka itu upacara pelimpahan jasa ini tentu akan menghasilkan manfaat yang besar.

Mendirikan papan sembahyang dalam upacara pelimpahan jasa, hanyalah sebuah formalitas, yang penting adalah anda harus memahami kebenaran. Sepanjang hidup kita tidak mementingkan diri sendiri, menciptakan masyarakat yang tentram dan makmur, demi perdamaian dunia, demi kesejahteraan penduduk, asalkan membangkitkan hati sedemikian, dilindungi para Buddha, dilindungi Dewa Naga Pelindung Dharma.

Kita selalu mengatakan : “Terhadap hal yang masuk akal, semua orang akan memiliki pemikiran yang sama”. Jika kita bertemu dengan orang seperti ini, maka kita menghormatinya, walaupun ada perselisihan, kita juga tidak berani berniat balas dendam. Karena dia telah berbuat banyak kebajikan untuk masyarakat, kebajikan yang dia lakukan adalah kebajikan kita juga, maka itu makhluk halus juga tahu “bersukacita pada kebajikan yang dilakukan orang lain”.



問:請問是不是一定要設一個累世冤親的牌位,並請地藏王菩薩做見證,才能把多生多劫的積怨徹底消除?新加坡好像沒有這個風氣。

答:消除不了!你想消除他,他還想來消除你,戰爭就爆發了。新加坡也有,居士林的功德堂與每年固定舉辦超度的法會,供冤親債主牌位的人非常多。主持法會的法師,有些曾在「培訓班」受過訓,他們都懂得這些道理與方法,也能為大家講開示,再配合居士林道場每天講經念佛,集合這些功德,所以超度的效果比較殊勝。

  立一個冤親債主超度的牌位,這是在形式上,最重要的是你要懂得理論。我們一生中不為自己,為社會的安定繁榮、為世界和平,為人民幸福,只要發這樣的心,無往而不利,真得諸佛護念,龍天善神擁護。我們常講:「人同此心,心同此理。」如果我們遇到這樣的人,我們也由衷的敬佩他,縱然曾有什麼過節,我們也不敢存報復的念頭。因為他為社會做了許多善事,他做的善事等於我們做的一樣,所以鬼神也懂得修「隨喜功德」。21-090-0037