Selasa, 31 Desember 2013

Tanya Jawab 26



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Saya menggunakan sehari 8 sampai 9 jam untuk mendengar DVD ceramah, waktu selebihnya saya gunakan untuk melafal Amituofo. Apakah tindakanku ini termasuk mementingkan diri sendiri? Saya sangat ingin menggunakan beberapa tahun untuk melepaskan segalanya dan menfokuskan diri melafal Amituofo, apakah ini diperbolehkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Setiap hari meluangkan sedikit waktu untuk menyebarkan DVD ceramah, ini merupakan hal yang baik dan memberi manfaat pada makhluk lain. Saat bekerja juga boleh sambil melafal Amituofo, karena ini hanya memerlukan gerakan tubuh, tidak memerlukan berpikir, tidak menghalangi kita untuk melafal Amituofo. Sebaliknya semua pekerjaan yang memerlukan pikiran, maka lafalan Amituofo boleh dihentikan buat sementara dan menfokuskan diri pada pekerjaan; setelah selesai maka pikiran difokuskan kembali pada lafalan Amituofo. Dengan demikian, pekerjaan terselesaikan dengan baik, Amituofo juga dilafal dengan baik.

Mengenai melepaskan jalinan jodoh duniawi dan menfokuskan diri melafal Amituofo, ini terlebih dulu harus melihat kondisi anda sendiri. Andaikata memang syarat anda telah mencukupi, biaya hidup sudah tak jadi masalah, keluarga anda juga tidak masalah, maka tindakan anda ini diperbolehkan; jika sebaliknya persyaratan tidak mencukupi maka janganlah memaksakan kehendak, karena dengan begitu maka akan timbul kerisauan.

Andaikata anda telah melepaskan segalanya, kemudian biaya hidup keluarga jadi bermasalah, maka tindakan anda ini tidak diperbolehkan. Praktisi yang berkeluarga bukan hanya harus menjaga diri sendiri, namun juga harus menjaga keluarganya, harus memberi teladan yang baik bagi masyarakat, jangan sampai setelah orang lain melihat diri kita maka berkomentar, “Orang itu belajar Buddha Dharma sampai jadi tak beres, sesat, sampai-sampai keluarga diabaikan”, sehingga orang lain jadi menciptakan vaci-kamma, ini tidak diperbolehkan.      

     


問:我一天用八、九個小時的時間,生產講經的影音光碟,其餘時間用來攝心念佛。請問這種作法算不算自私自利?我很想用幾年的時間放下世緣,一心念佛,是否可行?

答:每天用一些時間來流通佛法的影音光碟,這是好事情,這是利他。工作期間佛號也可以不斷,因為這是用機械操作,不需要思考,不妨礙念佛。凡是用思考的工作,必須將佛號放下,專心工作;工作完了,再專心念佛。這樣工作也做好了,佛也念好了。

至於放下世緣,一心念佛,這要看自己的環境。若條件具足,生活沒有問題,家庭也沒有問題,可以這麼做;不具足就不要勉強,勉強會生煩惱。假若你一切放下了,家庭生活產生問題,這就不行。在家同修不但要照顧自己,還要照顧家庭,應當給社會做一個好榜樣,不要讓世間人看到,「那個人學佛學呆了、學迷了,連家都不要了」,讓人造口業,這個不可以。21-90-14