Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 52



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 52

Pertanyaan :

Apakah benar setelah mengambil Bodhisattva Sila maka pada kelahiran mendatang pasti terselamatkan, dapat mendengar Buddha Dharma dan pasti terlahir kembali sebagai manusia?

Master Chin Kung Menjawab :

Bodhisattva Sila harus diamalkan, barulah kelahiran mendatang dapat terlahir kembali sebagai manusia dan mendengar Buddha Dharma; jika dikatakan hanya dengan mengikuti upacara pengambilan Bodhisattva Sila saja, maka sudah bisa memperolehnya, ini adalah penipuan, sungguh tidak beralasan.

Apa yang dapat diamalkan Bodhisattva, anda juga harus dapat melakukannya, maka anda adalah Bodhisattva. Harus diingat, Bodhisattva Sila adalah berdiri di atas landasan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan; andaikata Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan saja tidak sanggup dijalankan, maka Bodhisattva Sila yang anda ambil adalah palsu, bagaimanapun anda berdaya upaya tetap bukanlah asli.

Maka itu pelajaran budi pekerti Di Zi Gui dan Sepuluh Kebajikan lebih penting dari semuanya, seperti membangun rumah bertingkat, Bodhisattva Sila adalah tingkat ketiga, sedangkan jika dua lantai di bawahnya tidak dibangun, bagaimana mungkin bisa ada lantai ketiga?



問:已受菩薩戒是否下一生能得救,得聞佛法,可得人身?

答:菩薩戒要真正受持,才能下一生得人身聞佛法;若說受菩薩戒的形式就能得到,這是騙人的,在理上講不通。菩薩應該做的你真正都做到了,你就是菩薩。要記住,在家同修菩薩戒一定建立在五戒、十善的基礎上;五戒、十善沒做到,菩薩戒是假的,怎麼做都不是真的。所以,弟子規和十善業道比什麼都重要,像蓋樓房一樣,菩薩戒是第三層,下面兩層都沒有,第三層怎麼蓋?21-268-0001