Jumat, 11 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 22



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 22

Pertanyaan :

Insan yang telah menikah dan berkeluarga, bagaimana cara untuk memutuskan kemelekatan pada kasih sayang?

Master Chin Kung Menjawab :

Yang paling merepotkan dari kasih sayang adalah “melekat”, asalkan tidak melekat maka ini sudah bagus. Praktisi yang sudah berkeluarga juga adalah Bodhisattva, dalam kisah Sudhana yang mengunjungi 53 kalyanamitra, di antara 53 orang itu, yang paling banyak adalah umat berkeluarga, sedangkan yang merupakan anggota Sangha hanya lima orang. Mereka tidak ada perbedaan, kemelekatan, maka itu “dalam segala hal bebas tanpa rintangan” ; dan rintangan kita adalah perbedaan dan kemelekatan.

Manusia harus benar-benar memperoleh samadhi dan kebijaksanaan terbuka, hati dan alam semesta menyatu, seluruh alam semesta dan Dharmadhatu adalah diri sendiri, tidak ada lagi kemelekatan, maka kasih sayang berubah jadi kebijaksanaan, mengubah cinta menjadi kebijaksanaan, mengubah kerisauan menjadi KeBodhian, mengubah roda samsara menjadi nirvana, ini adalah ketrampilan.

Insan lain sanggup mengubahnya, kenapa kita tidak mampu melakukannya? Kita tersesat maka itu tidak sanggup mengubahnya, tercerahkan maka sanggup mengubahnya. Maka itu, Buddha Dharma menitikberatkan pada “memecahkan kesesatan membuka pencerahan”


問: 結婚有家庭的人,請問如何斷情執?

答:情最麻煩的是「執」,只要不執著就行了。在家也是菩薩,善財五十三參就是五十三位善知識,在家的佔大多數,出家的只有五位。他們沒有分別、執著,所以「理事無礙,事事無礙」;而我們的妨礙是分別、執著。人要是真正得定開慧,心跟宇宙合成一體,虛空法界就是自己,沒有執著了,情就變成智慧,轉情為智,轉煩惱為菩提,轉生死為涅槃,這就是功夫。他如何能轉,我們為何轉不了?我們迷惑,迷就不能轉,悟就能轉。所以,佛法修學關鍵在「破迷開悟」。21-080-0001