Minggu, 06 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 02



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 02

Pertanyaan :

Bagaimana keadaan yang disebut telah meredam kotoran batin? Jika tidak diwujudkan dalam tindakan nyata, tetapi pikiran sempat memikirkannya, tetapi tidak lama kemudian baru menyadarinya, apakah ini termasuk telah berhasil menekan noda pikiran?

Master Chin Kung Menjawab :

Termasuk juga meredam, tetapi masih belum meredam keseluruhannya. Andaikata telah berhasil meredam kotoran batin, maka dalam keseharian walaupun noda pikiran itu muncul tapi tidak bisa bereaksi lagi. Jika hanya meredam untuk sesaat saja, kemudian muncul lagi, ini tidak bisa disebut meredam kotoran batin.

Maka itu, untuk meredam kotoran batin diperlukan ketrampilan melatih diri, dalam keseharian melatih diri, orang lain memarahi atau memukulimu, tiada kebencian sama sekali dalam dirimu, seolah-olah tidak ada yang terjadi, ini namanya sudah meredam. Saat sadar bisa meredam, saat mimpi juga harus bisa meredam, jika di dalam mimpi ada yang membuatmu emosi, lalu anda jadi marah, maka ini belum bisa disebut meredam.

Meredam lebih mudah daripada melenyapkan, dan meredam berbeda dengan melenyapkan. Jika anda bisa memutuskan kekotoran batin, maka anda akan kembali ke asal muasal anda, kemampuan gaib akan muncul.

Kekuatan gaib akan muncul, noda pikiran pandangan dan pemikiran telah lenyap. Orang-orang di balik dinding itu sedang melakukan apa, anda juga bisa melihatnya tembus pandang; apa yang dipikirkan orang lain, anda juga dapat mengetahuinya. Mata Dewa, Telinga Dewa, membaca isi pikiran orang lain, tiga jenis kekuatan gaib ini mudah diperoleh, ini adalah ketrampilan memutuskan noda pikiran.

Tetapi jika ketrampilan meredam noda pikiran sudah mendalam, juga akan memperoleh kekuatan gaib, hanya saja tidak sebesar kekuatan seperti yang telah melenyapkan kekotoran batin. Maka itu keadaan dari meredam kekotoran batin, diri sendiri harus mengetahuinya dengan jelas, andaikata dalam keseharian masih muncul bentuk-bentuk pikiran, ini disebut belum meredam/menekan, harus lebih giat lagi melatih diri.

Andaikata benar sudah dapat meredam noda pikiran, bukan hanya memiliki keyakinan bisa terlahir ke Alam Sukhavati, kapan saja ingin pergi maka segera terlahir ke Alam Sukhavati, begitu leluasa dalam menghadapi kematian. Jika sebaliknya dalam menghadapi masalah kematian, anda begitu tidak merasa leluasa, ini karena tidak meredam/menekan kekotoran batin, jika sudah meredam maka merasa bebas.

Jika memang noda pikiran sudah diputusin, ingin tinggal di dunia ini selama dua ratus tahun, dua ribu tahun, bukanlah masalah. Sekarang Yang Ariya Kasyapa sedang berada di Gunung Kukkutapada-giri, sekarang adalah Gurpa, karena Buddha Sakyamuni ada berpesan padanya, harus menanti kelahiran Buddha Maitreya, kemudian menyerahkan  jubahNya untuk diwariskan kepada Buddha Maitreya. 

Berapa lama Yang Ariya Kasyapa harus tinggal di dunia ini? Di dalam “Maitreyavyakaraṇa Sutra” tercantum bahwa Yang Ariya harus tinggal di dunia ini selama  5,67 miliar tahun. Ini baru benar-benar mengakhiri tumimbal lahir!  Beliau tinggal begitu lama di dunia ini karena mengemban tugas, bertanggungjawab menyelesaikan tugasNya, jika tanpa tugas ini, maka datang sesuka hati dan pergi dengan suka hati, mendapatkan kebebasan besar!

Maka itu, harus membedakan dengan jelas, diri sendiri belum mencapai tahapan ini, jangan merasa bahwa diri sendiri sudah mencapai tingkatan ini, salah penafsiran ini dapat menjadi penghalang besar bagi pelatihan diri sendiri.


問:請問什麼情況下是伏煩惱?如果沒有行為表現,心裡隨境動了煩惱,不久又對治了,算不算伏住煩惱?

答:算伏,但沒有伏住。真的伏住了,你在日常生活當中,煩惱就不起作用了。如果伏了一陣子,一會兒又起來,這是沒伏住。因此,伏煩惱還是要功夫,要在日常生活當中鍛鍊,人家罵你、打你,你沒有一點瞋恨心,若無其事,這是真的伏住了。清醒的時候伏住,作夢的時候也要能伏住,如果在夢中有人惹你生氣,你會發脾氣,還是沒有伏住。

伏比斷容易,而伏與斷不同。你能斷煩惱,你的能力就恢復了,神通現前,見思煩惱真的斷了。牆的那一邊人在做什麼,你都能看見;別人心裡想什麼,你也知道。天眼、天耳、他心通很容易就得到,那是斷的功夫。但伏的功夫深了也有神通,只是沒有斷的能力大。所以,伏煩惱的狀況,自己一定要清楚,如果日常生活當中還會起心動念,就是沒有伏住,還要繼續用功。

  真正伏住煩惱了,不但往生有把握,想什麼時候去就什麼時候去,生死自在。你生死不自在,是因為沒伏住煩惱,伏住就自在了。煩惱真的斷了,想在這個世間住上二百年、二千年,都沒有問題。現在迦葉尊者還在雞足山,因為釋迦牟尼佛交代他,要等彌勒佛出世,把袈裟傳給彌勒佛。迦葉尊者在世間要住多少年?《彌勒下生經》講,要五十六億七千萬年。這才真正是了生死!他要住世這麼多年是因為他有任務,他要把事情交代好,如果沒有這些任務,喜歡來就來,喜歡去就去,得大自在!因此,一定要辨別清楚,自己沒有證到這個境界,不可自以為證得,這個錯誤對自己修學有很大的妨礙。21-090-0081