Selasa, 29 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 28



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 28

Pertanyaan :

Ada seorang umat yang terus merasa Buddha atau Bodhisattva yang merasuki tubuhnya, dia juga mengajari orang lain Amitabha Sutra dan syair dari Bodhisattva Mahasthamaprapta, maka itu dia merasa bahwa Bodhisattva Mahasthamaprapta yang merasuki tubuhnya, mohon ceramahnya.

Master Chin Kung Menjawab :

Buddha atau Bodhisattva merasuki tubuh manusia, ini adalah hal yang sangat jarang. Walaupun merasuki juga tujuannya pasti untuk membabarkan Dharma, sesudah itu pasti akan pergi dan takkan kembali lagi. Jika yang sering merasuki itu pasti adalah Mara dan bukan Buddha atau Bodhisattva. Anda berjodoh dengan makhluk halus, anda belajar Ajaran Buddha, dia juga akan membantumu.

Di dalam Surangama Sutra tercantum bahwa hal-hal sedemikian jangan taruh di hati, jika taruh di hati maka ini adalah Mara, meskipun yang datang itu adalah Buddha, juga akan kerasukan Mara. Apa perbedaan Buddha dan Mara? Jika melekat pada rupa maka adalah Mara, yang tidak melekat adalah Buddha. Jika anda tidak melekat pada semuanya, Mara juga adalah Buddha; jika melekat maka Buddha adalah Mara.



問:一位居士一直以為有佛菩薩附身,他還教居士《彌陀經》及大勢至菩薩的偈子,所以他認為是大勢至菩薩附體,請開示。

答:佛菩薩附身,這種事情很少。若附身決定也是說法,度完眾生之後決定離開,不會再來。倘若是時常附身,決定是魔,不是佛菩薩。你跟鬼神有緣,你學佛,他也會幫助你。《楞嚴經》說,這些事情不要放在心上,如果把這些事情常放在心上,就著魔了,就算佛來也是著魔。佛與魔如何區別?著相就是魔,離相就是佛。你一切都不執著,魔也是佛;若執著了,佛也是魔。21-090-0080