Senin, 07 April 2014

Permasalahan Melatih Diri 04



Tanya Jawab Seputar Permasalahan Melatih Diri 04

Pertanyaan :

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas tercantum : “Tidak boleh timbul kebencian, amarah dan iri hati”,  di dalam Syair Kebajikan Tersembunyi tertera : “Jangan iri hati pada bakat yang dimiliki orang lain”, di dalam Kitab Tai Shang juga dikupas tentang dosa dari tindakan iri hati, dapat dilihat bahwa insan bijak jaman dulu menasehati manusia agar melepaskan iri hati, bagaimana caranya agar bisa menjauhi iri hati?

Master Chin Kung Menjawab :

Masalah ini memang sangat serius, karena klesa (kekotoran batin) ini bila tidak diubah, di dalam Jalan KeBodhian pasti akan menjadi penghalang, bukan saja karir melatih diri tidak bisa meraih keberhasilan, kesempatan jatuh ke tiga alam penderitaan juga sangat besar. Bagaimana cara untuk memperbaikinya? Menurut Empat Ajaran Liao Fan, cara memperbaikinya ada tiga yakni berubah melalui tindakan, berubah melalui pemahaman dan berubah dari hati.

Berubah melalui tindakan, ketrampilannya dangkal, dengan memaksakan diri dan menekan iri hati agar tidak timbul, ibarat batu menekan rumput, akarnya tidak putus, hanya terpikir betapa mengerikan buah akibat dari iri hati, barulah menekan sementara pikiran iri hati itu.

Berubah melalui pemahaman, ini karena memahami bahwa saya dan insan lain sesungguhnya adalah satu, kelebihan insan lain adalah juga merupakan kelebihanku,  kebajikan orang lain juga merupakan kebajikanku, bukan hanya tidak boleh cemburu padanya, bahkan harus berusaha mendukungnya agar dia meraih keberhasilan. Mengapa demikian? Karena bila karirnya berhasil, masyarakat akan memperoleh berkah, diri sendiri juga turut menikmati berkah.

Maka itu, bila saya menghambat orang lain, kenyataannya adalah saya sedang menghalangi diri sendiri, juga telah menghambat kesejahteraan orang banyak. Andaikata perbuatan orang ini, jasa kebajikan dan manfaatnya besar bagi orang banyak, dapat mempengaruhi masyarakat dan sejarah, bila kita menggunakan iri hati untuk mengacaukannya, merintanginya, maka betapa beratnya dosa ini! Dengan memahami kebenaran ini, maka iri hati dengan sendirinya jadi lenyap.

Berubah dari hati, Buddha mengajari para Bodhisattva harus “siang malam senantiasa mengingat Kusala Dharma, merenungkan Kusala Dharma, mengamati Kusala Dharma, jangan biarkan sedikitpun hal buruk tercampur di dalamnya”, ini adalah yang paling tinggi.

Iri hati adalah hal yang buruk, mana boleh taruh di hati? Ini akan merusak pikiran dan tindakan bajikmu. Pada kelahiran ini mungkin saja anda sudah dapat menjadi Buddha, atau menjadi Bodhisattva, namun karena satu niat iri hati akhirnya jatuh ke neraka, maka itu surga dan neraka terletak pada satu niat pikiran.

 “Kitab Tai Shang”, “Syair Kebajikan Tersembunyi”,  adalah berasal dari pembahasan tentang Hukum Sebab Akibat, ini adalah yang sangat jelas.  Jika ditinjau dari untung rugi, andaikata seseorang itu tidak memiliki iri hati, maka akan dilindungi oleh para Buddha, dihormati Dewa Naga Pelindung Dharma; sebaliknya jika dirintangi iri hati, para Buddha dan Bodhisattva, seluruh Dewa dan makhluk halus yang baik akan menjauhimu.

Harus senantiasa terpikir kebajikan insan lain, ini juga merupakan kebajikan yang ada di dalam jiwa sejati kita, juga harus merestui keberhasilan orang lain, jangan merusak kebajikan orang lain, meskipun itu adalah musuh berbuyutan kita, juga harus melepaskan permusuhan dan mendukungnya. Mengapa demikian? Karena dengan membantunya berarti telah membantu masyarakat, membantu semua makhluk.


問:《無量壽經》云:「不當瞋怒嫉妒』,《文昌帝君陰騭文》云:「勿嫉妒人之技能」,《太上感應篇》講到「常行嫉妒」之罪過,可見古聖先賢常勸人放下嫉妒心,請問如何才能遠離嫉妒?

答:這件事情確實是非常嚴肅,因為這個煩惱如果不能徹底改過,在菩提道上決定產生障礙,不但道業沒有成就,墮三途的機會也特別大。如何改法?《了凡四訓》說,有從事上改,有從理上改,有從心上改。

從事上改的功夫淺,勉強把自己的嫉妒心壓制住,這是石頭壓草,根沒有斷,只是想到嫉妒障礙的果報之可怕,才把嫉妒心稍微壓住。

從理上改,則是想我與別人是一體,別人的長處就是我的長處,別人的德能就是我的德能,我不但不能嫉妒,而且要成人之美。為什麼?他的事業成就,社會大眾得福,自己也得福。所以,我障礙別人,實際上就是障礙自己,是障礙社會許多眾生的福利。如果此人的作為,功德利益非常大,能影響社會及歷史,我們用嫉妒心破壞、障礙他,這罪過多重!想到這個道理,嫉妒心自然就淡化了。

  從心上改,佛教導菩薩要「晝夜常念善法,思惟善法,觀察善法,不容毫分不善間雜」,這是最高明的。嫉妒是不善,怎麼可以放在心上?這會破壞了你的善心善行。你這一生本來可以作佛、作菩薩,因為一念嫉妒心而墮地獄,所以天堂、地獄就在一念之間。
  《感應篇》、《陰騭文》是從因果報應來講,這是最明顯的。若從利害上說,一個人要是沒有嫉妒心,確實諸佛護念、龍天善神尊敬;有嫉妒障礙,諸佛菩薩、一切善神都會遠離。要常常想到別人的善,就是自己真性裡面的一分勝德,而且一定要成全別人,絕對不破壞別人,就算是自己的冤家對頭,也要把恩怨放下去幫助他。為什麼?幫助他就是幫助社會、幫助一切眾生。21-090-0083