Jumat, 04 April 2014

Melafal Amituofo 16



Tanya Jawab Seputar Melafal Amituofo 16

Pertanyaan :

 Mertua perempuanku telah berusia lanjut, hidup dengan sederhana, tetapi untuk menfokuskan diri melafal Amituofo, masih belum bisa melakukannya. Saya ingin bertanya bagaimana agar bisa mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan?

Master Chin Kung Menjawab :

Pikiran yang tidak seimbang itulah kerisauan dan tabiat, dengan cara melafal Amituofo untuk mengatasi hati yang kalut adalah sangat mujarab. Tetapi juga bukan begitu melafal Amituofo, hati langsung jadi tenang, tetapi harus melatih diri setahap demi setahap, ini memerlukan sebuah kurun waktu tertentu. Ada orang yang mengatakan semakin melafal Amituofo, hati semakin kacau, tidak melafal Amituofo maka hati tidak kalut, ini adalah pemikiran yang salah.

Sesungguhnya ketika anda sedang tidak melafal Amituofo, pikiran juga sangat kacau, hanya saja anda tidak menyadarinya. Perhatianmu tidak terpusat, tidak tahu bahwa pikiran sendiri sedang kalut, hingga saat anda melafal Amituofo, barulah menyadari ternyata pikiran sangat kacau, jadi bukan karena melafal Amituofo baru jadi kacau.

Sekarang anda ingin menggunakan ketrampilan melafal Amituofo untuk menenangkan pikiran, tidaklah mungkin hanya dalam beberapa hari saja, atau beberapa jam saja sudah bisa melakukannya, berdasarkan pengalaman sebagian orang, diperlukan waktu tiga tahun baru bisa.

  Setiap hari anda harus melafal Amituofo berkesinambungan, jangan mempedulikan bentuk-bentuk pikiran yang muncul, pusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, lafalan Amituofo dan bentuk-bentuk pikiran bisa bermunculan pada saat bersamaan, dengan memusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, maka perlahan bentuk-bentuk pikiran akan menjadi berkurang.

Bentuk-bentuk pikiran tidak bisa langsung dilenyapkan begitu saja, namun dengan perlahan pasti akan berkurang, maka itu harus melafal berkesinambungan, jangan takut. Pada waktu bekerja, jika tidak memerlukan berpikir, maka bisa juga sambil melafal Amituofo; namun pekerjaan yang memerlukan berpikir, harus menyelesaikan pekerjaan dengan baik, setelah pekerjaan selesai baru melafal Amituofo kembali.




問:家婆年紀大,生活很簡單,想安定下來專心念佛,就是做不到。請問如何做到一心不亂?

答:心不平靜就是煩惱習氣,用念佛的方法對治亂心是非常有效果。但也決不是佛號一提起,心就平靜了,一定要下功夫,這需要一段時間。有人說愈念佛心愈亂,不念佛心就不亂,這是錯誤的觀念。你不念佛的時候,心也是這麼亂,只是沒有覺察而已。你的注意力沒有集中,不知道自己的心亂,到念佛的時候,才發現原來心這麼亂,決不是因為念佛才亂的。

  現在你要用念佛的功夫把心平靜下來,絕對不是幾天、幾個小時就能做到,以一般人的經驗而言,總得要三年才行。你要每天不斷的念佛,妄念起來不要理它,把注意力集中在佛號,佛號與妄念可以同時起來,慢慢的讓注意力集中在佛號,妄念漸漸就減少了。妄念不可能突然斷了,總是慢慢的減少,所以一定要繼續念下去,不要害怕。工作時,如果不用思考,一樣可以念佛;用思考的工作,就好好工作,等事情做完了,佛號再提起來。21-090-0081