Selasa, 10 Desember 2013

Tanya Jawab 11



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Ketika saya sudah mengandung lima bulan, hasil amniosentesis (tes yang dilakukan untuk memeriksa kelainan genetik pada janin) menunjukkan ada kelainan kromosom pada calon bayiku. Anak ini selain memiliki kecerdasan yang rendah, juga yang paling parah adalah kemungkinan mengidap gangguan mental. Di sekelilingku tidak ada yang mendukungku untuk mempertahankan keberadaan janin ini, mereka ingin agar saya menggugurkan kandunganku. Saya tahu bahwa ini adalah dosa besar, juga tidak ingin menjalin jodoh buruk dengan anak ini. Mohon bimbingan guru, apa yang harus saya lakukan sebelum melakukan perbuatan ini, bagaimana cara untuk mengoreksi beban dosa berat yang akan saya lakukan?         

Master Chin Kung Menjawab :

Di dalam masyarakat masa kini, hampir di setiap tempat terdapat kasus serupa. Dilihat dari sudut pandang Ajaran Buddha, ini adalah karma kolektif para makhluk, juga adalah buah akibat dari karma buruk yang dilakukan selama berkalpa-kalpa, melihat kondisi ini kami merasa amat prihatin. Haruslah diketahui bahwa seorang anak datang ke dunia ini karena memiliki jodoh langsung dan dekat dengan ayahbundanya, jika tidak berjodoh, menginginkan anak juga takkan terkabul.

Buddha berkata bahwa hubungan anak dan ayahbunda didasarkan pada empat jenis jalinan jodoh, yakni balas budi, balas dendam, menagih hutang dan membayar hutang; sesungguhnya hubungan manusia dengan makhluk lainnya juga didasari oleh empat jenis jodoh ini.

Maka itu andaikata anak anda datang untuk membalas budi, tetapi anda malah membunuhnya, sehingga budi menjadi dendam; andaikata dia datang untuk membalas dendam, maka kebencian akan semakin mendalam. Jika dia datang untuk menagih hutang, maka beban hutang ini akan ditambah dengan hutang nyawa, hukum sebab akibat menembusi tiga masa kehidupan, saling membalas tiada habis-habisnya.

Kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan yang kita temui selama hidup, adalah akibat dari perbuatan jahat kita di masa kehidupan yang lampau; sebaliknya dalam kelahiran sekarang ini dapat melewati hidup dengan nyaman, bebas, segala sesuatu terwujud sesuai dengan keinginan, juga karena akumulasi benih bajik yang ditanam pada kelahiran lampau. Benih bajik pasti mendatangkan buah yang bagus, benih jahat pasti mendatangkan balasan penderitaan.  

Sesungguhnya keputusan dokter juga bukan hal yang pasti, tetapi kebanyakan orang percaya pada perkataan dokter, menganggap dokter adalah ilmiah, sedangkan agama adalah kepercayaan, jika tidak bisa menerimanya juga tak berdaya. Dalam kondisi demikian, negeri Tiongkok memiliki banyak tabib berkualitas, ilmu pengobatan tradisional, terkadang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh ilmu pengobatan barat, boleh dipertimbangkan.

Andaikata  tidak memiliki jalan keluar untuk mempertahankan keberadaan bayi, maka memupuk berkah untuk si bayi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memupuk berkah, yang paling unggul adalah pendidikan. Cara ini tidak sukar, untuk mendirikan sebuah sekolah dasar di daratan Tiongkok tidak memerlukan biaya besar, sejauh ini kami telah mendirikan belasan bangunan sekolah di sana.

Dengan jasa kebajikan anda ini dilimpahkan kepada si bayi, tentunya dia akan amat bersukacita, kemudian membaca sutra dan melafal Amituofo dilimpahkan kepadanya, ini adalah bentuk pelimpahan jasa yang bagus, cara untuk memupuk berkah. Saran ini kami berikan kepada anda, silahkan dipikirkan dengan seksama.




問:弟子現在懷有五個月的身孕,但是羊膜穿刺的結果,卻得知胎兒染色體異常。這樣的小孩除了低智能外,最糟的是有精神異常的可能。我身邊沒有人願意我留下這個胎兒,要我做小產的催生。我知道這是很重的罪,亦不想和小孩結下惡緣,請師父在我引產前教導我應該怎麼做,如何彌補我將犯下的重罪?

答:在現前社會,幾乎每個地方都有同類的事情發生。從佛法的觀點來看,這是眾生的共業,也是累劫不善業造成的結果,我們看到這些情況很難過。一定要知道,兒女與父母是有直接而密切緣分而來的,沒有緣分,求兒女求不到。佛講兒女與父母有四種因緣,所謂是報恩、報怨、討債、還債;實際而言,人與一切眾生都有這四種緣。因此,若這個小孩是來報恩的,妳墮胎就是殺了他,恩變成仇;如果是來報怨的,仇恨就更深了。討債、還債再加上命債,因果通三世,冤冤相報沒完沒了。我們這一世遭遇的種種不幸,是過去生中造的不善業;這一生當中能夠過得很安穩、很自在,一切稱心如意,也是過去生中累積的善因。善因必得善果,惡因一定得惡報。

實在講,醫生的判斷未必正確,但是多數人相信醫生的話,認為醫生是科學,宗教是迷信,不能接受,這就沒法子了。在這種情況之下,中國確實有不少好的中醫大夫,中醫的診斷、治療有些方面確實是西醫所不及的,不妨參考看看。

若是不得已要做挽救的方法,就是為小孩修福。修福的方法很多,最殊勝的方法是教育。這件事情不難,在中國大陸建一所小學的費用不多,我們在大陸現在已經建了十幾所學校。以這個功德迴向給這個小孩,他一定會很歡喜,然後再誦經、念佛迴向給他,這是很好的一種超度、修福的方法。這個建議提供給妳,可以仔細想想。21-90-31