Jumat, 28 Maret 2014

Pelimpahan Jasa 10




Tanya Jawab Seputar Pelimpahan Jasa 10

Pertanyaan :

Apakah dengan membakar jimat kuning maka dapat melimpahkan jasa kepada roh yang mati karena bunuh diri?

Master Chin Kung Menjawab :

Memang benar ada yang disebut mencari pengganti. Sedangkan mengenai bakar jimat, saya tidak mengetahuinya. Menulis jimat adalah cara Aliran Tao, di dalam Ajaran Buddha tidak ada hal ini. Di dalam Ajaran Buddha, kita menggunakan cara memupuk kebajikan dan moralitas. Makhluk halus sangat menghormati orang yang memiliki etika moral, tidak berani mencelakainya, ini adalah yang berjodoh dengannya.

Jika insan yang tidak memiliki jodoh dengannya dan roh bunuh diri itu sembarang ingin mencari penggantinya, maka dia harus menanggung beban dosa. Maka itu dia harus menunggu jodoh, kebetulan ada yang bunuh diri lagi, baru bisa menggantikannya, barulah dia dapat pergi bertumimbal lahir.

Di dalam “Empat Ajaran Liao-Fan”, ada seorang Pejabat Ying yang bertemu dengan hantu yang mati gantung diri, dia berhasil mengurai masalah ini. Maka itu, Ajaran Buddha menggunakan cara mengurai masalah, benar-benar membantunya, agar dia sadar dan kembali ke jalan yang benar, memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, maka dia tidak perlu mencari pengganti lagi, dan dapat meninggalkan alam penderitaan.  




問:把黃紙的符燒後,請問是否可以超度自殺者的亡靈?

答:確實有捉替死鬼這種事情。至於,燒符有無效果,我就不知道了。畫符是道教的方法,佛教裡沒有。我們在許多書中看到捉替死鬼的,而佛教導我們用什麼方法?修善積德。這些鬼非常尊敬有道德之人,不敢去傷害他,這是跟他有緣的,如果沒有緣,他隨便去捉人,他是犯法有罪的。所以,一定要等待緣分,剛好遇到一個人是自殺橫死的,以他為替身,他才可以投胎。《了凡四訓》裡面講到應尚書,他遇到的是吊死鬼,他能將之化解。所以,佛法是用化解,真正幫助他,讓他覺悟回頭,斷惡修善,他就不用找替身了,能離開惡道。21-090-0088