Minggu, 16 Februari 2014

Tanya Jawab 88



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Untuk lebih memudahkan dalam membaca sutra, maka di buku sutra saya memakai pensil untuk menulis sedikit keterangan, apakah ini salah?  


Master Chin Kung Menjawab :

Buku sutra sekarang adalah buku duplikat biasa, menggunakan pensil untuk menulisinya tidak salah, tetapi jika yang aslinya tidak boleh. Buku sutra asli adalah yang masih dilekatkan dengan tali, itu adalah buku sutra dari beberapa ratus tahun yang lalu, bernilai sejarah, termasuk dalam kategori barang peninggalan bersejarah, kita memiliki tanggungjawab untuk melestarikannya dan diwariskan ke generasi selanjutnya.

Andaikata setiap orang boleh menulisi buku aslinya, maka pada akhirnya edisi asli ini tidak dapat terbaca lagi, maka itu harus dijaga kebersihannya. Apabila yang kita pakai itu adalah buku sutra asli, maka sekarang sudah amat mudah, kita boleh memperbanyaknya, jadi kita boleh membuat catatan di buku duplikatnya, ini tidak masalah, dan buku yang asli harus dilestarikan.  



問:為經方,比較容看懂,在經文上用鉛筆寫白字,請問是否有過失?

答:現在的經本是一種普及的流通本,用鉛筆寫白字沒有過失,但是善本就不可以。善本就是線裝本,它是幾百年前的經書,是有歷史價值的,屬於歷史文物,我們有責任保留給後人。若每個人都隨便寫字,善本使用到後來就不能看了,所以一定要保持整潔。若我們使用的是善本,現在很方便,可將善本拷貝後,在拷貝本上寫字,就沒有問題,而善本一定要保持完整。21-90-72