Rabu, 30 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 48



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 48

Pertanyaan :

Bagaimana sikap seorang praktisi pemula terhadap beragam aliran  dalam Ajaran Buddha?

Master Chin Kung Menjawab :

Pada prinsipnya, boleh berkecimpung di dalam semua aliran, namun hanya untuk memperoleh kejelasan saja; kemudian harus menentukan pilihan pada satu  pintu Dharma yang didasarkan pada keinginan sendiri, kesukaan, dan lingkungan hidup. Dengan begini, belajarnya tentu saja lebih bahagia dan bebas.

Sedangkan mengenai keberhasilan yang diraih, kuncinya terletak pada seorang guru yang baik, seperti yang selalu dikupas dalam sutra Buddha, harus memilih “ajaran dari guru bijak”. Guru yang hatinya benar-benar terang dan memiliki kebijaksanaan, anda menerima bimbingannya, dengan segera akan memperoleh manfaat.

Dalam mempelajari Buddha Dharma, menurut pengalamanku sendiri, dalam waktu tiga bulan sudah terasa berbeda dengan waktu lalu, setengah tahun sudah terasa kemajuan yang berarti, tetapi harus mematuhi ajaran guru, mengamalkannya, barulah efektif.

  

問: 初學者對於不同的宗派,請問應抱何種態度?

答:原則上,所有一切宗派皆可涉獵,但只求解;然後必須依照自己的願望、愛好,與生活環境,選擇一個法門,這樣修學就更快樂自在。其成功關鍵在親近一位好老師,如佛在經上常講的,要求「明師教誨」。真正心地光明、有智慧的老師,你接受他的指導,很快就能得利益。佛法的修學,我自己親身的體驗,三個月應有與往日不一樣的感受,六個月當有很顯著的進步,但是一定要聽從老師的教誨,依教奉行才能獲得。18-014