Selasa, 10 Desember 2013

Tanya Jawab 13



Tanya Jawab

Umat Bertanya :

Di dalam lingkungan kerja tak terhindarkan mendengar kata-kata yang sesat, sehingga meninggalkan jejak dalam ingatan, akibatnya timbul kerisauan, saya ingin bertanya bagaimana cara mengatasinya?  

Master Chin Kung Menjawab :

Masalah ini anda belajar saja pada Upasika Xu Zhe penduduk Singapura. Dia berkata : “ Ketika saya melihat tindakan dan mendengar ucapan yang negatif, maka saya akan menganggap sedang melihat tindakan dan mendengar ucapan dari orang-orang di jalan raya, saya tidak menaruhnya di hati”. Dengan tidak menaruhnya di hati maka takkan timbul kegelisahan. Bagaimana agar tidak meninggalkan jejak di ingatan kita? Ketika anda melihat orang yang tidak dikenal di jalanan, apakah anda ada melihatnya? Ada, tetapi anda sama sekali tidak mengingatnya. Apakah anda mendengar pembicaraan mereka? Ada, tetapi apa yang mereka bicarakan anda tidak tahu sama sekali. Ini takkan meninggalkan jejak dalam ingatan kita, ini adalah cara yang bagus.   




問:在工作環境中不得不聽一些邪知邪見,因而難免落入印象,為此而生煩惱,請問應該如何處理?

答:這個問題向新加坡許哲居士學習就很好。她說:「我見到不善的事,聽到不善的言語,就像在馬路上看到陌生人聽他們說話一樣,沒有放在心上。」由此可知,不把它放在心上就不會生煩惱。怎樣才不落印象?陌生人從馬路走過來,有沒有看到?看到,但是完全不記得。有沒有聽到他們講話?聽到,但講什麼完全不知道。這就是沒有落印象,這是個好方法。21-90-39