Selasa, 29 April 2014

Belajar Meneladani Ajaran Buddha 25



Tanya Jawab Seputar Belajar Meneladani Ajaran Buddha 25

Pertanyaan :

Menuruti kehendak para makhluk, namun dalam menghadapi orang yang berbuat jahat, bagaimana caranya agar kita tetap bisa berada dalam jalan yang benar?

Master Chin Kung Menjawab :

Menuruti kehendak para makhluk harus memiliki kebijaksanaan yang tinggi dan upaya kausalya, jika tidak memiliki kebijaksanaan, tidak memiliki upaya kausalya(cara-cara yang trampil), anda menuruti kemauannya, dia berbuat jahat, maka anda juga ikut dengannya berbuat jahat, dia  jatuh ke neraka maka anda juga tak terhindarkan.

Dan kita sebagai orang awam hanya bisa menuruti yang baik saja, tidak boleh mengikuti yang jahat. Yang dapat menuruti kejahatan hanyalah Bodhisattva, bukan orang biasa, ini adalah salah satu butir yang ada dalam “Empat Penuntun (Catvarisamgraha-vastuni), yakni “minat yang sama”.


Hanya Bodhisattva yang dapat menuruti tindakan jahat, kita tidak memiliki kekuatan samadhi dan kebijaksanaan, di dalam “Dharma Empat Penuntun”, kita hanya bisa menjalani “berdana”, “bahasa ramah tamah”, “memberi manfaat”, tetapi tidak boleh memiliki “minat yang sama”.

Ketika anda telah memiliki kebijaksanaan dan kekuatan samadhi, barulah boleh memiliki minat yang sama dengannya. Andaikata dia melakukan pembunuhan, pencurian, asusila dan berdusta, anda juga boleh ikut dengannya, tetapi di dalam kondisi ini anda menyelamatkannya. Dia suka main mahjong, menari, maka setiap hari anda pergi menemaninya, jika anda tidak memiliki kekuatan samadhi dan kebijaksanaan, anda takkan sanggup menyelamatkannya, sebaliknya malah dijerumuskannya, maka itu diri sendiri harus bisa mengukur kemampuan sendiri.




問:恆順眾生中,對於作惡的眾生,請問如何令其歡喜,又能示其正道?

答:恆順眾生要有高度的智慧與善巧方便,如果沒有智慧,沒有方便,你順著他,他造惡,你也跟他造惡,他墮地獄,你也免不了。而我們凡夫只能恆順善的,決定不能隨順惡的。隨順惡的事情是菩薩,不是普通人,這是四攝法的「同事」。我們沒有那個定功與智慧,四攝法裡面,我們行「布施」、「愛語」、「利行」,不能跟他「同事」。你有智慧、定力時,才可以與他同事。他造殺盜淫妄,你也可以跟他一起造殺盜淫妄,你在這當中度他。他喜歡打麻將、跳舞,你天天去陪他,如果你沒有定慧,你度不了他,反而被他度了,所以自己要知道有多少能耐。21-090-0080